BINTI KHOIRIYYAH U.H.K, 17206153018 (2019) PENGARUH PERMAINAN PUZZLE ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK KUSUMA MULIA NGADILUWIH KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (447kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (455kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (509kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (167kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Pengaruh Permainan Puzzle Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di TK Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri Tahun Ajaran 2018/2019” ditulis oleh Binti Khoiriyyah U.H.K, NIM. 17206153018, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci : Puzzle, Kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang minat dan rendahnya kemampuan kognitif anak untuk anak usia 5-6 tahun. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas masih menggunakan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaran konvensional yang bersifat teacher center yang membuat siswa menjadi pasif dan membosankan. Sehingga peneliti menggunakan permainan puzzle angka diharapkan dapat membantu anak untuk meningkatkan minat dan kemampuan kognitif, diantaranya anak dapat berhitung, mengelompokkan warna, dan mengenal angka. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle angka terhadap kemampuan berhitung pada anak. 2) Untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle angka terhadap kemampuan mengenal warna pada anak. 3) Untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle angka terhadap kemampuan mengenal angka pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah quasy eksperimen. Populasi pada penelitian iniadalah kelas B TK Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri. Sedangkan sample pada penelitian ini menggunakan dua kelas, B1 sebagai kelas kontrol dan kelas B2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi. Dalam analisis peneliti menggunakan analisis data statistik uji Man Whitney. Dari hasil analisis uji man whitney diperoleh dari hasil post test kelas kontrol dan eksperimen untuk perkembangan berhitung nilai Sig.(0,014 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas kontrol = 18.14, kelas eksperimen = 26.86), hasil post test kelas kontrol dan eksperimen untuk kemampuan mengenal warna nilai Sig. (0.007< 0,05) dan didukung rata-rata (kelas kontrol = 17.80, eksperimen = 27.20), dan hasil post test kelas kontroldan eksperimen untuk kemampuan mengenal angka nilai Sig. (0.003 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas kontrol = 17.32, kelas eksperimen = 27.68). Maka dapat disimpulkan dari ketiga uji rumusan maslah diatas bahwa Ha diterima, jadi terdapat pengaruh permainan puzzzle angka terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206153018 BINTI KHOIRIYYAH U.H.K |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 03:37 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13862 |
Actions (login required)
View Item |