KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X IPA B MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

NILNA MINROHMATILLAH, 17204153214 (2019) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X IPA B MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (684kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X MA Darul Hikmah Tulungagung” ini ditulis oleh Nilna Minrohmatillah, NIM 17204153214, pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: kemampuan literasi matematika, gaya belajar, visual, auditori, kinestetik. Latar Belakang penelitian dalam skripsi ini adalah rendahnya peringkat siswa Indonesia dalam survei yang dilakukan PISA pada objek kajian Literasi matematika yang mana didalam matematika, literasi matematika merupakan kemampuan yang mencakup gabungan kelima kompetensi yang perlu dimiliki siswa agar dapat menggunakan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dalam dunia pesantren, yang mana siswa juga sebagai santri dituntut mandiri dalam menyelesaikan segala kebutuhan dan permasalahan sehari-hari yang pasti berkaitan dengan literasi. Dimana di pesantren ini perbedaan gaya belajar juga mengindikasikan perbedaan kemampuan matematika siswa. Hal ini menunjukkkan bahwa kemampuan literasi matematika juga berhubungan dengan gaya belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan literasi matematika siswadengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran singkat tentang level kemampuan literasi matematika setiap gaya belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik digunakan adalah tes dan wawancara untuk menggali data. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam kemampuan lierasi matematika siswa.dalam penelitian ini dipilih 6 orang siswa sebagai subjek penelitian. 2 orang siswa memwakili setiap gaya belajar. Adapun pemilihan subjek ini didasarkan pada hasil angket gaya belajar serta pertimbangan guru matematika yang mengajar siswa-siswa tersebut. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan: 1) siswa dengan gaya belajar visual berada pada level 3 namun masih terkendala pada 2 indikator, yaitu indikator komunikasi dan matematisasi. 2) siswa dengan gaya belajar auditori berada pada level 6 namun masih terkendala pada 3 indikator, yaitu indikator matematisasi, representasi dan indikator penalaran dan argumen. 3) siswa dengan gaya belajar kinestetik berada pada level 3 namun masih terkendala pada 2 indikator, yaitu indikator komunikasi dan matematisasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153214 NILNA MINROHMATILLAH
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:37
Last Modified: 14 Nov 2019 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13864

Actions (login required)

View Item View Item