Pengaruh Penerapan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Media Kartu Soal terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Prisma dan Limas Siswa Kelas VIII MTs. Negeri Kandat Kediri Tahun Pelajaran 2011/2012

DIYAH, ZULIANA (2012) Pengaruh Penerapan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Media Kartu Soal terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Prisma dan Limas Siswa Kelas VIII MTs. Negeri Kandat Kediri Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-Pengajuan-persembahanku.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover luar-dalam.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah khususnya strategi dalam penyelesaian masalah matematika, khususnya dalam menyelesaikan soal cerita yang pada kenyataanya masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal tersebut, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang dapat mempermudah pemahamannya. Salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika adalah menerapkan Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media kartu soal terhadap hasil belajar matematika materi prisma dan limas siswa kelas VIII MTs. Negeri Kandat Kediri? Dan (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media kartu soal terhadap hasil belajar matematika materi prisma dan limas siswa kelas VIII MTs. Negeri Kandat Kediri? Adapun yang menjadi tujuna penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media kartu soal terhadap hasil belajar matematika materi prisma dan limas siswa kelas VIII MTs. Negeri Kandat Kediri dan besarnya pengaruh (apabila ada). Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi MTs. Negeri Kandat Kediri, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini digunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, metode interview, metode tes dan metode dokumentasi. Metode observasi digunakan oleh peneliti untuk mengamati kondisi sekolah. Metode interview digunakan untuk mengetahui sejarah berdirinya sekolah, nama pendiri dan nama-nama kepala MTs. Negeri Kandat Kediri. Metode tes digunakan peneliti untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII MTs. Negeri Kandat Kediri. Sedangkan metode dokumentasi digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data-data dari sekolah. xii Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, penulis menggunakan rumus independent t-tes, Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara dan . yang diperoleh dari perhitungan yaitu = 3,85, sedangkan pada taraf signifikasi 5% adalah 2,000 dan pada taraf signifikasi 1% adalah 2,660. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran matematika model Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII MTs. Negeri Kandat Kediri. Adapun besarnya pengaruh penerapan pembelajaran matematika model Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII MTs. Negeri Kandat Kediri.adalah 8,39%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2015 06:33
Last Modified: 27 Mar 2015 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

View Item View Item