wardianto, 17506164065 (2019) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK (Studi Multikasus di SMK YP 17 Selorejo dan SMK PEMUDA 1 Kesamben Blitar). [ Thesis ]
|
Text
cover .pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1-dikonversi.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2-dikonversi.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3-dikonversi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4 .pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
bab 6.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
Wardianto. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mebentuk Karakter Peserta Didik di SMK (Studi Multi Kasus di di SMK YP 17 Selorejo dan SMK PEMUDA 1 Kesamben Blitar. Pembimbing (1) Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd. I., (2) Dr. H. Asmawi, M. Ag. Kata-kata kunci: Pembelajaran, Karakter Peserta Didik. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh degradasi moral yang terjadi dikalangan remaja akibat dari semakin majunya IPTEK dan lemahnya iman. Sementara Pendidikan Agama Islam di sekolah memiliki alokasi waktu yang sangat sedikit sehingga pembelajaran PAI hanya dapat menyentuh ranah kognif saja. Sehingga diperlukan pengembangan PAI melalui ranah afektif maupun psikomotor. Selain itu di lokasi penelitian para siswanya berasal dari daerah pinggiran, merupakan daerah kantong TKW sehingga mengakibatkan para siswanya yang berusia remaja sangat rawan terkena pengaruh negatif. maka Pendidikan Karakter yang merupakan ruh dan pijakan dalam mengembangkan karakter yang dimiliki anak didik agar terbangun sebuah karakter yang memiliki nilai-nilai humanis sebagai relasinya terhadap sesama dan karakter religius sebagai wahana membangun relasi dengan Tuhan sangat perlu ditanamkan kepada siswa. Fokus penelitian dalam tesis ini: 1. Bagaimana bentuk Karakter religius di di SMK YP 17 Selorejo dan SMK PEMUDA 1 Kesamben Blitar ?, 2. Bagaimana bentuk Karakter Toleransi di di SMK YP 17 Selorejo dan SMK PEMUDA 1 Kesamben Blitar? 3. Bagaimana bentuk Karakter Disiplin di di SMK YP 17 Selorejo dan SMK PEMUDA 1 Kesamben Blitar ? Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan rancangan studi multisitus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran penelitian, triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1). Bentuk Karakter Religius di SMK YP 17 Selorejo dan SMK PEMUDA 1 Kesamben Blitar di fokuskan pada tujuh hal yaitu: Pertama, kegiatan pembiasaan seperti tadarus Al-Qur‟an, sholat berjamaah, sholat sunah, budaya senyum sapa, dan salam, dan do‟a bersama. Kedua, kegiatan ektrakurikuler seperti MTQ, Sholawat, Ketiga, kegiatan pengembangan PAI yang di wujudkan dengan kegiatan pondok romadhon, PHBI, dan infak sedekah rutin mingguan, keempat, wujud budaya religius merupakan pengembangan PAI, kelima, bentuk budaya religius disesuaikan dengan visi dan misi sekolah, keenam, bentuk budaya religius dapat dilaksanakan melalui perencaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang matang, ketujuh, bentuk budaya religius merupakan perwujudan evaluasi PAI yang komprehensif, 2). Bentuk karakter Toleransi di SMK YP 17 Selorejo dan SMK PEMUDA 1 Kesamben Blitar diantaranya yaitu: tenggangrasa, dapat mengendalikan diri, dan optimis, sikap toleransi yang tinggi antar sesama teman, menghargai antar sesame, saling tolong menolong, menghindari sikap sombong dan menghormati orang yang lebih tua ketika disekolah, 3) Bentuk karakter Toleransi di SMK YP 17 Selorejo dan SMK PEMUDA 1 Kesamben Blitar diantaranya yaitu: berpakaian rapi, tepat waktu, disiplin, sikap rajin bekerja ketika mengikuti praktek kerja di luar sekolah, tidak mudah menyerah, sabar saat menghadapi berbagai ujian dan kegiatan yang banyak, serta qanaah menerima kondisi dan situasi apapun.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tesis 17506164065 wardianto |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 06:36 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 06:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13952 |
Actions (login required)
View Item |