PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP PENGEMBANGAN KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KELAS VIII SMPN 01 NGUNUT TAHUN AJARAN 2018/2019

ZEMBIA FERDHIANA, 17210153024 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP PENGEMBANGAN KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KELAS VIII SMPN 01 NGUNUT TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (800kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (487kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (10kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
bab VI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB)

Abstract

Skripsi dengan judul, “Pengaruh Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Pengembangan Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas VIII Smpn 01 Ngunut" Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Zembia Ferdhiana NIM 17210153024, pembimbing Dr. Mohammad Jazeri, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kesantunan Berbahasa siswa Kesantunan, kesopanan, atau etiket adalah tatacara, adat, atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Kesantunan merupakan aturan perilaku yang berlaku dalam masyarakat. Kesantunan merupakan aturan perilaku yang ditetapkan dan disepakati bersama oleh suatu masyarakat tertentu sehingga kesantunan sekaligus menjadi prasyarat yang disepakati oleh perilaku sosial. Aspek kesantunan yang perlu diperhatikan adalah kesantunan terletak pada persimpangan antara bahasa dan realitas sosial. Kesantunan berkaitan dengan bahasa dan aspek-aspek kehidupan struktur sosial sekaligus kode-kode perilaku dan etika. Sebuah masyarakat dapat terbentuk dan bisa dipertahankan melalui suatu interaksi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1). Adakah pengaruh pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kesantunan berbahasa siswa ? 2). Seberapa besar pengaruh pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kesantunan berbahasa siswa?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kesantunan berbahasa siswa. 2) Untuk menjelaskan seberapa besar pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kesantunan berbahasa siswa. Penulis menggunakan Desain penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang terdiri dari 31 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pembelajaran bahasa Indonesia dan angket kesantunan berbahasa siswa. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana yang didalamnya terdapat uji F dan uji T dengan menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) 18.0 for windows Hasil menunjukan bahwa nilai penghitungan menggunakan uji regresi sederhana dengan SPSS 18.00 menunjukan bahwa nilai signifikan adalah 0.00. Itu berarti bahwa nilai signifikan lebih kecil dibanding level signifikan (0.00 < 0.05). dan juga nilai t_hitung = 2.864  t_tabel = 2.042. Hasil nilai signifikan mengindikasikan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Itu artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas VIII B SMPN 1 Ngunut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Muhammad Syauqi Mushoffa
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:03
Last Modified: 14 Apr 2020 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13985

Actions (login required)

View Item View Item