EVALUASI PROGRAM PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN FIQIH di MIN 1 KEDIRI

ANIA EKA RISMA, 17205153103 (2019) EVALUASI PROGRAM PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN FIQIH di MIN 1 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ania Eka Risma, NIM: 17205153103, “Evaluasi Program Penilaian Autentik 2013 Mata Pelajaran Fiqih di MIN 1 Kediri ”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019. Pembimbing: H. Abdulloh Chakim., S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Model Evaluasi Program CIPP, Penilaian Autentik Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Fiqih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan yaitu MIN 1 Kediri yang menerapkan program penilaian autentik Kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran fiqih. Penerapan program ini diterapkan secara bertahap sejak tahun 2016. Penelitian ini menggunakan model evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, Product) agar dapat mengevaluasi program penilaian autentik ini secara mendalam. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini, yaitu: Bagaimana context program penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Kediri? Bagaimana input program penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Kediri? Bagaimana proses program penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Kediri? Bagaimana produk program penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Kediri? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di MIN 1 Kediri. Sumber data diperoleh dari Kepala MIN 1 Kediri, Waka Kurikulum Min 1 Kediri dan Guru mata peajaran fiqih MIN 1 Kediri. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan Kredibilitas. Tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data penyelesaian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pertama, Latar belakang penggunaan program penilaian autentik Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fiqih di MIN 1 Kediri adalah adanya peraturan dari pemerintah yang harus dilaksanakan dengan tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Kedua, sarana dan prasarana yang digunakan sebagai persiapan pelaksanaaan program penilaian autentik Kurikulum 2013 pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Kediri sudah tersedia seperti menyiapkan kompetensi Guru dengan mengikutsertakan guru dalam berbagai diklat dan pelatihan Kurikulum 2013, laptop, printer, wi-fi, dan LCD proyektor sebagai alat untuk menunjang jalannya program penilaian autentik.,serta perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru fiqih dengan berbagai format penilaiannya seperti RPP fiqih. Ketiga, tehnik pengambilan nilai kognitif mata pelajaran Fiqih oleh pendidik menggunakan tes tulis dan tes lisan, tehnik pengambilan nilai afektif mata pelajaran Fiqih oleh pendidik menggunakan teknik observasi atau pengamatan secara langsung, tehnik dalam pengambilan nilai psikomotorik mata pelajaran fiqih oleh pendidik menggunakan metode unjuk kerja atau nilai praktek peserta didik. Kemudian nilai dimasukkan ke dalam aplikasi e raport selanjutnya secara otomatis akan muncul deskripsi rapot yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Keempat, program penilaian autentik Kurikulum 2013 pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Kediri ini harus tetap dilanjutkan guna adanya perbaikan dan pengembangan agar program dapat sesuai dengan peraturan pemerintah dan sesuai dengan visi misi MIN 1 Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153103 ANIA EKA RISMA
Date Deposited: 26 Nov 2019 03:48
Last Modified: 26 Nov 2019 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13986

Actions (login required)

View Item View Item