RENY RAVIYANTI, 17205153313 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDI LUKMANUL HAKIM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (879kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (718kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (993kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (525kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pelajaran IPS Kelas IV DI SDI Lukmanul Hakim Kademangan Blitar” Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, ini ditulis oleh Reny Raviyanti, NIM. 17205153313, Pembimbing Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Minat, dan Prestasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh, kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPS dikarenakan pelajaran IPS mengndung banyak teori dan konsep-konsep. Untuk meningkatkan minat belajar siswa dapat dilakukan dengan penerapan model pembelajaran yang menyenangkan seperti model pembelajaran Make a Match. Model ini mengajarkan siswa untuk lebih aktif dan berani dalam berdiskusi dengan kelompoknya. Dengan tumbuhnya minat yang tinggi juga akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingi mengamati pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap minat dan prestasi belajar siswa pelajaran IPS kelas IV di SDI Lukmanul Hakim Kademangan Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pengaruh signifikan model pembelajaran Make a Match terhadap minat belajar siswa pelajaran IPS kelas IV di SDI Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. (2) Menjelaskan pengaruh signifikan model pembelajaran Make a Match terhadap prestasi belajar siswa pelajaran IPS kelas IV di SDI Lukmanul Hakim Kademangan Blitar.(3) Menjelaskan pengaruh signifikan model pembelajaran Make a Match terhadap minat dan prestasi belajar siswa pelajaran IPS kelas IV di SDI Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI SDI Lukmanul Hakim kademangan Blitar. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket dan post tes yang berfungsi untuk mengetahui nilai minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Analisis data untuk uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk uji hipotesis menggunakan uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap minat belajar siswa pelajaran IPS kelas IV di SDI Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. Hal ini berdasarkan penghitungankan uji t minat belajar IPS diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model pemebalajaran Make a Match terhadap minat belajar siswa pelajaran IPS. 2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadapbelajar siswa pelajaran IPS kelas IV di SDI Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. Hal ini berdasarkan uji t prestasi belajar IPS diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model pemebalajaran Make a Match terhadap prestasi belajar siswa pelajaran IPS. 3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap minat dan prestasi belajar siswa pelajaran IPS kelas IV di SDI Lukmanul Hakim di Kademangan Blitar. Hal ini berdasarkan uji manova di peroleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh model penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap minat dan prestasi belajar siswa pelajaran IPS.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153313 RENY RAVIYANTI |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 06:55 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 06:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14011 |
Actions (login required)
View Item |