PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 BANDUNG TULUNGAGUNG

MUHAMMADNUR UBAIDILLAH, 17201153499 (2019) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul”Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bandung Tulungagung ”. Ditulis oleh Muhammadnur Ubaidillah, NIM 17201153499, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag NIP 195312051982031004 Kata Kunci : Reward, Punishment, Motivasi Belajar Motivasi belajar merupakan suatu energi yang mendorong siswa untuk lebih bersemangat melakukan aktifitas belajar. Reward (Penghargaan) dan Punishment (Hukuman) adalah bentuk motivasi eksternal yang berasal dari teori behavioristik. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru bisa menggunakan metode reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) untuk memacu motivasi belajar siswa. Reward diberikan karena siswa berprestasi, sedangkan punishment diberikan karena siswa melakukan pelanggaran. Dengan adanya kedua metode tersebut diharapkan siswa tidak bosan dalam kegiataan belajar serta menjaga motivasi internalnya, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bandung Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh pemberian punishment terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bandung Tulungagung? (3) Adakah pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bandung Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bandung Tulungagung 3, (2) Untuk mengetahui Pengaruh pemberian punishment terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bandung Tulungagung 3, (3) Untuk mengetahui Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bandung Tulungagung 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data penelitian berupa angka-angka serta analisis datanya menggunakan statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan instrument skala likert. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan cara ordinal diambil 17% dari jumlah populasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara stimultan. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara reward terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bandung Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari nilai = 9,478 > = 1,671 yaitu pada taraf signifikansi 0,05 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara punishmnet terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bandung Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari nilai = 4,094 > = 1,671 yaitu pada taraf

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153499 MUHAMMADNUR UBAIDILLAH
Date Deposited: 03 Dec 2019 04:18
Last Modified: 03 Dec 2019 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14028

Actions (login required)

View Item View Item