PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI CAPACITY BUILDING DALAM MENGHADAPI PASAR BEBAS ASEAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UD Sehati dan UD Bintang Antik Sejahtera Tulungagung)

ANNISATUL KHUSNA, 17508164008 (2019) PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI CAPACITY BUILDING DALAM MENGHADAPI PASAR BEBAS ASEAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UD Sehati dan UD Bintang Antik Sejahtera Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Abstrak Khusna, Annisatul. 2018. Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Capacity Building Dalam Menghadapi Pasar Bebas ASEAN Perspektif Ekonom Islam (Studi Pada UD SEHATI dan UD Bintang Antik Sejahtera di Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. dan (2) Dr. Iffatin Nur, M. Ag Kata kunci: Pemberdayaan, Capacity Building, UMKM, Pasar Bebas ASEAN, Ekonomi Islam Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berfokus pada sektor perdagangan. Hal ini dilatarbelakangi oleh munculnya banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Kabupaten Tulungagung yang harus mengembangkan kapasitas lembaga karena banyaknya tantangan yang muncul, apalagi saat ini tengah berada di era globalisasi dimana terjadi kemudahan bagi para pelaku usaha untuk melakukan transaksi impor maupun ekspor barang masuk kedalam ataupun ke luar negeri. Banyaknya penduduk muslim di Indonesia menjadi latar belakang peneliti untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh para pelaku usaha melalui capacity building (pengembangan kapasitas) dalam menghadapi pasar bebas ASEAN perspektif ekonomi Islam. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pemberdayaan UMKM melalui capacity building dalam menghadapi Pasar Bebas ASEAN pada UD SEHATI dan UD Bintang Antik Sejahtera di Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana pemberdayaan UMKM melalui capacity building dalam menghadapi Pasar Bebas ASEAN perspektif Ekonomi Islam pada UD SEHATI dan UD Bintang Antik Sejahtera di Kabupaten Tulungagung? kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data kasus tunggal dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, serta analisis data lintas situs. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemberdayaan UMKM melalui capacity building dalam menghadapi Pasar Bebas ASEAN perspektif Ekonomi Islam yaitu melalui tiga pengembangan yang dilakukan yaitu pengembangan human resource (SDM), strengththening organization, dan institutional reform (reformasi kelembagaan), dimana pelaksanaan ketiga pengembangan tersebut telah menggunakan prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Kedua lembaga yang diteliti tersebut sadar akan pentingnya mengembangkan 3 jenis kapasitas tersebut di Era Millenial yang serba digital, melakukan perubahan sesuai dengan tuntutan zaman dengan tetap berbegang teguh pada ketentuan hukum yang berlaku di pemerintahan maupun tidak keluar dari etika Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17508164008 ANNISATUL KHUSNA
Date Deposited: 29 Nov 2019 07:41
Last Modified: 29 Nov 2019 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14055

Actions (login required)

View Item View Item