LAILATUL QONI’AH, 12505174023 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH DASAR TULUNGAGUNG (Studi Multi Situs di SDI Bayanul Azhar Tulungagung dan SDI Qurrota A’yun Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (38kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (608kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (133kB) |
Abstract
ABSTRAK Lailatul Qoni’ah, 2019. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Sekolah Dasar Tulungagung” (Studi Multi Situs di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol dan SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung, Pembimbing (1) Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd dan (2) Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran PAI, Berpikir Tingkat Tinggi Kurikulum yang sekarang ini dianggap pemerintah paling mampu menjadi pandangan baru dalam fokus acuan pendidikan adalah kurikulum 2013. Berbeda dengan dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum 2013 dalam perencanaan implementasinya di-klaim dapat memberikan solusi bagi terkendalanya kemajuan bangsa Indonesia melalui guruan karakter yang memiliki pendekatan ilmiah (scientificapproach) sehingga output pendidikan yang dihasilkan akan sesuai dengan harapan. Pendekatan ilmiah (scientific) yang terdiri dari mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan. Serta mendukung untuk pengembangan melatih anak untuk berpikir tingkat tinggi /Hots Jika dilihat dari langkah-langkah pendekatan saintifik, sepertinya akan mudah jika pendekatan ini diterapkan dalam mata pelajaran sains karena di dalamnya memang merupakan langkah-langkah yang sering digunakan dalam sains, seperti mengamati objek, mencari informasi, menalar, mencoba, dan seterusnya. Namun, bagaimana jika penerapan pendekatan ini diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan cara guru dalam mengorganisaikan materi pembelajaran PAI dengan memacu keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik kelas V Studi Multi Situs di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol dan SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung. Adapun pertanyaan penelitiannya sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi pengorganisasian materi pembelajaran yang ditempuh guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V pada mata pelajaran PAI di SDI Bayanul Azhar Tulungagung dan SDI Qurrota A’yun Tulungagung? (2) Bagaimana strategi penyampaian materi pembelajaran yang ditempuh guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V pada mata pelajaran PAI di SDI Bayanul Azhar Tulungagung dan Qurrota A’yun Tulungagung? (3) Bagaimana strategi pengelolaan materi pembelajaran yang ditempuh guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V pada mata pelajaran PAI di SDI Bayanul Azhar Tulungagung dan SDI Qurrota A’yun Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jika ditinjau dari sudut kemampuan atau kemungkinan penelitian dapat memberikan informasi atau penjelasan maka penelitian ini termasuk penelitian termasuk penelitian deskriptif. Jenis penelitannya menggunakan rancangan studi Situs. Sumber data diidentifikasikan menjadi 3 yaitu person, place, dan paper. Teknik xvii pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data Situs tunggal dilakukan melaluai pengumpulan data dan membuat catatan-catatan, deskripsi dan mengklasifikasi data, representasi dan visualisasi, serta analisis data lintas Situs. Untuk menguji data digunakan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas. Hasil penelitannya adalah (1) Pelaksanaan Stategi Pengorganisasia materi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SDI Bayanul Azhar dan SDI Qurrota A’yun yaitu menyiapkan perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus, dan RPP. (2) Pelaksanaan strategi penyampaian materi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SDI Bayanul Azhar dan SDI Qurrota A’yun meliputi tiga tahapan utama yaitu kegiatan penyampaian dengan menggunakan media pembelajara, mendorong interaksi peserta didik dengan media pembelajaran, mbentuk Struktur belajar. (3) Pelaksanaan evaluasi materi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SDI Bayanul Azhar dan SDI Qurrota A’yun adalah evaluasi proses dan hasil belajar dengan mengadakan test yang meliputi tiga ranah yakni ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Dimana untuk evaluasi hasil pembelajaran dikelas guru biasanya menggunakan pre tes atau tes awal sebelum pembelajaran, kemudian tes di saat berlangsungnya pembelajaran, dan yang terahir adalah post test. Disini soal-soal yang dibuat guru bisa menggunakan acuan soal Hots atau soal yang mendorong peserta didik untuk berpikir tinggi. Dengan demikian belajar peserta didik dapat meningkat dengan menggunakan berbagai macam strategi guru serta evaluasi yang digunakan guru untuk melihat kemampuan peserta didik dalam ranah kognitif afektif, psikomotorik.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 12505174023 LAILATUL QONI’AH |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 06:14 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 06:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14058 |
Actions (login required)
View Item |