DIKA AHMAD FARIKHIN, 17201153540 (2019) PEMBELAJARAN NILAI ASWAJA NAHDLATUL ULAMA’ DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS DARUSSALAM KREMPYANG TANJUNGANOM NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pembelajaran Nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟ Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di MTs Darussalam Krempyang Nganjuk ” ini ditulis oleh Dika Ahmad Farikhin, NIM. 17201153540, jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟, Akhlakul Karimah. Penelitian ini dilatar belakangi upaya pemerintah yang menekankan pendidikan karakter atau akhlak yang pembentukannya harus dimulai sejak usia dini. Pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah harus terhapuskan kesan ajaran Islam yang ekslusif dan kesan-kesan negatif lainnya. Hal tersebut sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalah pahaman yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Lewat pembelajaran Aswaja Nahdlatul Ulama‟ turut ikut serta membantu upaya pemetintah yang menekankan pendidikan karakter atau akhlak. Dalam pembelajaran Aswaja terdapat poin-poin penting tentang nilainilai pendidikan yang man termuat dalam sikap kemasyarakatan NU yaitu :(tasamuh, tawasuth, amar ma’ruf nahi munkar, tawazun). Dari beberapa nilainilai sikap tersebut sangatlah cocok jika di terapkan dalam pendidikan di Indonesia, hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia merupakan masyarakat plural, sehingga nilai itu termasuk dalam konteks Indonesia. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan pembelajaran nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟ dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MTs Darussalam Krempyang Nganjuk ? (2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟ dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MTs Darussalam Krempyang Nganjuk? (3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟ dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MTs Darussalam Krempyang Nganjuk?. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟ dalam membentuk Akhlaku Karimah siswa di MTs Darussalam Krempyang Nganjuk. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟ dalam membentuk Akhlaku Karimah siswa di MTs Darussalam Krempyang Nganjuk. (3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟ dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MTs Darussalam Krempyang Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan metode, menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini, adalah: (1) Perencanaan pembelajaran nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟ dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MTs Darussalam Krempyang Nganjuk : (a) pengembangan program dan kurikulum,(b) penyusunan persiapan mengajar yang meliputu Silabus dan RPP, (c). (2) Pelaksanaan pembelajaran nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟ dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MTs Darussalam Krempyang Nganjuk adalah: (a) Pembelajaran didalam kelas yang sudah memakai metode atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip Aswaja dan penggunaan sumber serta media belajar yang merujuk pada kitab-kitab klasik, lembar kerja siswa yang sesuai dengan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta penggunaan media belajar yang variatif (b)Pembelajaran diluar kelas yang meliputi sikap tasamuh,tawasuth, tawazun dan amar ma’ruf nahi munkar dalam membentuk akhlakul karimah siswa menggunakan metode pemahaman, pembiasaan dan ketladanan (3)Evaluasi pembelajran nilai Aswaja Nahdlatul Ulama‟ dalam membentuk Akhlakul Karimah siswa di MTs Darussalam Krempyang Nganjuk adalah: (a) evaluasi pembelajaran didalam kelas diselenggarakan pada pertengahan semester dan pada akhir semester, sementara system penilaiannya menggunakan tes blok guna mengukur kemampuan akademik siswa. (b) evaluasi pembelajaran diluar kelas menggunakan dua evaluasi, evaluasi langsung dilakukan observasi guru maupun penilaian teman sejawat dan evaluasi tidak langsung dilaksanakan dengan cara kordinasi antara pihak madrasah dengan orang tua siswa/ pengurus pondok.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153540 DIKA AHMAD FARIKHIN |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 03:52 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14074 |
Actions (login required)
View Item |