IRA AIDIN, 17201153396 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Hafalan AlQur’an di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ira Aidin yang dibimbing oleh Ibu Indah Komsiyah, S. Ag., M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Hafalan Al-Qur’an Dalam pendekatan umum strategi adalah yang berlaku dalam berbagai bidang materi dan digunakan untuk memenuhi berbagai tujuan pembelajaran. Dari penjelasan di atas maka dalam merencanakan suatu strategi di dunia pendidikan tak lepas dari peran seorang guru untuk menentukan tujuan yang akan di capai. Begitu pula pada kegiatan Hafalan Al-Qur’an yang merupakan kegiatan yang mulia bahkan dimata Allah Swt. Karena dengan menghafalkannya dapat menjaga keaslian dan kemurnian kitab suci Al-Qur’an tersebut. Berawal dari kecemasan dan kekhawatiran masyarakat terhadap anak-anaknya dalam kehidupan yang serba transparan dan dinamis membuat anak-anak sangat terpengaruh oleh faktor internal maupun external sehingga kurang dalam mempelajari agama dan AlQur’an di rumah maupun di sekolah. Agar siswa tidak ketinggalan dalam mendapat pendidikan agama maka yang pertama kali yang di lakukan guru adalah mengenalkan Al-Qur’an dengan cara menghafalkannya. Agar siswa mudah dalam menghafal guru perlu adanya strategi khusus untuk meningkatakan hafalan AlQur’an dan berdampak baik pada siswanya. Terkait hal tersebut guru-guru MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung mempunyai strategi khusus untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada siswanya. Fokus penelitian dalam penelitian ini addalah: 1. Strategi guru dalam meningkatkkan hafalan Al-Qur’an siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 2. Hambatan dan solusi strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. 3. Dampak strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru meningkatkan hafalan Al-Qur’an, hambatan dan solusi, serta dampak dari strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada siswa, strategi guru yang di lakukan adalah Membentuk tim guru program AlQur’an, Mengatur waktu hafalan Al-Qur’an, Pengelompokkan kelas, dan Sistem yang selesai dikelas. 2. Hambatan dan solusi strategi yangdilakukan guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an adalah: a) kurangnya wawasan guru tentang metode pengajaran Al-Qur’an dan kendala pada tingkat kemampuan baca AlQur’an siswa. b) Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut dengan membentuk xvi tim guru program Al-Qur’an dan menyediakan kelas dasar. 3. Dampak strategi yang di lakukan guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an adalah: Siswa lebih tartil dalam membaca Al-Qur’an, dan sering mengulang-ulang hafalan diluar waktu pelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153396 IRA AIDIN |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 07:37 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 07:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14124 |
Actions (login required)
View Item |