STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACATULIS AL-QURAN PADA ANAK DIDIK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) MAMBAUL’ULUM SUTOJAYAN BLITAR

ALFIANA PUJA WIGANDARI, 17201153321 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACATULIS AL-QURAN PADA ANAK DIDIK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) MAMBAUL’ULUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mamba’ul Ulum Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Alfiana Puja Wigandari, NIM. 17201153321, Pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Baca Tulis Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Menumbuhkan sikap yang positif kepada anak, menciptakan kemampuan anak dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Lembaga pendidikan Al-Qur’an yang sebelumnya dianggap remeh dan semakin maju diharapkan mampu menjadikan anak-anak yang berkualitas dalam ilmu keagamaan. Dari latar belakang itulahpenulis berkeinginan membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mamba’ul Ulum Sutojayan Blitar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mamba’ul Ulum Sutojayan Blitar; (2) Bagaimana dampak guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mamba’ul Ulum Sutojayan Blitar; (3) Bagaimana hambatan guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mamba’ul Ulum Sutojayan Blitar. Adapaun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Mendiskripsikan dan merumuskan penelitian langkah-langkah guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mamba’ul Ulum Sutojayan Blitar; (2) Mendiskripsikan dan merumuskan penelitian dampak guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mamba’ul Ulum Sutojayan Blitar; (3) Mendiskripsikan dan merumuskan penelitian hambatan guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mamba’ul Ulum Sutojayan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan pengumpulan data, proses pemilihan, dan pemeriksaan keabsahan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan data yang diperoleh menurut kriteria. Hasil penelitian adalah strategi pembelajaran diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan ini. Guru menggunakan strategi dalam mengajar untuk mempermudah dalam mengajar. Kemampuan dan kesiapan murid berbeda-beda. Langkah-langkah yang dilakukan guru mulai dari tahap awal, guru menyampaikan materi mulai dari materi yang mudah ke materi yang sulit. Mengajar dengan cara bertahap untuk mempermudah murid dalam memahami materi. Membiasakan murid untuk banyak latihan membaca. Banyak latihan membaca tahap awal anak untuk belajar Al-Qur’an. Dampaknya seorang guru ketika mengajar ketika setiap murid rajin dalam belajar, guru bisa menumbuhkan semangat murid untuk belajar. Menjadikan murid yang pandai membaca Al-Qur’an, menulis Al-Qur’an, dan menjadikan murid yang patuh. Hambatan yang dialami guru ketika mengajar yaitu guru menemui murid yang sering tidak masuk menjadi salah satu tugas guru untuk mengingatkan muridnya. Kemudian dengan malasnya anak yang tidak mau membaca dan juga tidak mau belajar menulis. Tugas guru yang berkewajiban untuk selalu melatih murid untuk belajar Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153321 ALFIANA PUJA WIGANDARI
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:46
Last Modified: 17 Dec 2019 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item View Item