FARIDHOTUL AISYAH, 17306153035 (2019) KEDISIPLINAN WAKTU SISWA DENGANKONSELINGPERILAKUDI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover (1).pdf Download (965kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (745kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
Bab VI.pdf Download (295kB) |
||
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (403kB) | Preview |
Abstract
Faridhotul Aisyah, 2019. Kedisiplinan Waktu Siswa denganKonselingPerilakudi MAN 2 Tulungagung. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M. Pd Kata kunci:KonselingPerilaku, Kedisiplinan waktu Kedisiplinan waktu menjadi hal yang utama dalam berbagai hal terutama ketika mengenyam pendidikan. Seorang murid yang tidak dapat mengatur waktunya tidak dapat belajar dengan optimal. Pemberian hukuman atas pelanggaran yang dilakukan sudah tidak efektif lagi dalam mengatasi masalah tersebut. Sehingga perlu suatu metode baru untuk mengatasi masalah tersebut. Dilatarbelakangi fonema tersebut peneliti memiliki metode yang lebih efektif dalam mengatasinya. Mengambil rumusan masalah (1) Apakahada pengaruhkonseling perilaku terhadap kedisiplinan waktu siswa di MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh konseling perilaku terhadap kedisiplinan waktu siswa di MAN 2 Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh konseling perilaku terhadap kedisiplinan waktu siswa di MAN 2 Tulungagung dan bagaimana pengaruh konseling perilaku terhadap kedisiplinan waktu siswa di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis penelitian eksperimen dengan analisis single subjek desaign (SSD). Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas yaitu konseling perilaku dan yang menjadi variabel terikat yakni kedisiplinan waktu. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah subjek tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan konseling perilaku dengan kedisiplinan waktu yang ditunjukkan adanya penurunan keterlambatan siswa. Mulai dari kedatangan siswa kesekolah hingga perubahan dalam kedisiplinan didalam mengikuti proses pembelajaran. Pada analisis dalam kondisi dapat dilihat bahwa kecenderungan arah mengalami penurunan (-) yang berarti keterlambatan subjek menurun. Pada level stabilitas dan perubahan level hasil penelitian menunjukkan stabil pada sesi baseline (A1) dengan nilai (-2) naik menjadi (+8) pada intervensi (B) kemudian naik (+3) pada sesi baseline (A2). Efektifitas dilihat dari presentase overlap yang rendah yaitu berada pada level 0%. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling perilaku efektif terhadap kedisiplinan waktu siswa di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini masih memiliki keterbatasan pada beberapa aspek, sehingga perlu dikembangkan penelitian lebih lanjut agar keterbatasan tersebut dapat diatasi dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar penggunaan metode konseling perilaku dapat lebih optimal. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai bahan kajian yang dapat dimanfaatkan dalam penulisan-penulisan selanjutnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 17306153035 FARIDHOTUL AISYAH |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 06:40 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 06:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14161 |
Actions (login required)
View Item |