FATKHUR RIPANGI, 12506174026 (2019) IMPLEMENTASI METODE ADZ-DZIKRU DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Multi Situs Madin Darul Hikmah Tawangsari Dan Madin Al-Ikhlas Kepatihan Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (965kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (877kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (205kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (555kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (139kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (169kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Metode Adz-dzikru Dalam Belajar Membaca Al-Qur’an (Studi Multi Situs di Madin Darul Hikmah Tawangsari dan Madin al-ikhlas kepatihan Tulungagung Fatkhur Ripangi, NIM. 12506174026, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Pascasarjana , Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh . 1) Prof.Dr.H. Akhyak, M.Ag. 2) Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci : Metode adz-dzikru, Belajar Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilator belakangi oleh sebuah fenomena terlihatnya banyaknya santri yang belum bias membaca al-qur’an, sehingga saat inibanyak anak-anak muslim tidak bias membaca Al-Qur’an. Padahal masa santri merupakan masa yang paling efektif untuk belajar membaca Al-Qur’an agar mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya guna membangun dunia ini sesuai dengan konsep yang ditetapkan oleh AllahSwt. Fokus penelitian padaTesis ini adalah:1) Bagaimana pendekatan metode al-dzikru dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan? 2) Bagaimana tehnik metode al-dzikru dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan? 3) Bagaimana evaluasi metode al-dzikru dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan? Adapun tujuan penelitian adalah 1) Untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang pendekatan metode al-dzikru dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan. 2) Untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang metode metode al-dzikru dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan.3) Untuk mengetahui secara mendalam evaluasi metode al-dzikru dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriftif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, mendalam, dokumentasi, sedangkan dalam analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan teknik, serta mengadakan member check. Hasil penelitiannya adalah 1)Pendekatan pembelajaran dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan mempunyai kesamaan dalam pendekatan yaitu dengan a) pendekatan pembiasaan, b) pendekatan emosional, c) pendekatan keteladanan. Metode yang di gunakan guru dalam pemebelajaran metode al-dzikru dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan mempunyai kesamaan metode atau tehnik yaitu 1) metode ceramah,2) metode Tanya jawab, 3) Demonstrasi, 4) Metode latihan. Evaluasi pembelajaran metode al-dzikru dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan pastinya mempunyai kesamaan dalam mengevaluasi dengan dua cara yaitu 1) Setelah materi disamapaikan perhalaman, santri dsuruh untuk mebaca perkelompok yaitu berempat dan bertiga atau berdua.2) Salah satu santri di minta untuk membimbing teman-temanya kemudian diikuti bersama-sama.Pendekatan pembelajaran dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan mempunyai perbedaan dalam pendekatan yaitu pada madrasah diniyah al-ikhlas dalam pendekatanya mepunyai perbedaan yaitu pendekatan bahasa yang mana pendekatan bahasa tersebut dianggap mampu membantu dalam pembelajran adz-dzikru dalam penyampaian materi. Metode yang di gunakan guru dalam pemebelajaran metode al-dzikru dalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan mempunyai perbedaaan pada madrasah diniyah al-ikhlas perbedaan itu ialah metode klasikal, di madrasah diniyah al-ikhlas menggunakan metode klasikal ini untuk memepermudah guru dalam menyampaaikan materi pemeblajaran membaca al-qur;an dengan metode adz-dzikru dan dilam adz-dzikru juga tidak lepas dengan metode klasikal. Evaluasi pembelajaranmetode al-dzikrudalam belajar membaca al-qur’an santri di madrasah diniyah Darul Hikmah Tawangsari dan madrasah dininiyah al-ikhlas Kepatihan khusussnya pada madrasah diniyah al-ikhlas ini mempunyai perbedaan dalam mengevaluasi pembelajaran membaca al-qur’an santri dengan metode adz-dzikru yaitu dengan menggunakan tes tulis karena dianggap tes tulis ini sangat penting bagi madrasah diniyah al- ikhlas agar anak apabila setelah selesai pembelajaran tidak hanya bisa membaca saja tetapi juga bisa menulis.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506174026 FATKHUR RIPANGI |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 07:54 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 07:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14171 |
Actions (login required)
View Item |