STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

LENI WIDIASTUTI, 17205153360 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFATAR RUJUKAN.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di Sekolah Dasar Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Leni Widiastuti. NIM 17205153360. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Adiwiyata Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya kerusakan lingkungan hidup di bumi yang disebabkan karena perilaku manusia yang cenderung tidak peduli terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata di Sekolah Dasar Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana sikap kepedulian peserta didik pada lingkungan hidup di Sekolah Dasar Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata pada peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru dalam menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata pada peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan empat kriteria yaitu uji kredibilitas data, uji transferability (keteralihan), uji dependability (kebergantungan), dan uji confirmability (kepastian). Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Sikap kepedulian peserta didik pada lingkungan hidup di Sekolah Dasar Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung dibuktikan dengan peserta didik melaksanakan dan mengikuti kegiatan sebagai berikut: a) Kegiatan budaya peduli lingkungan di sekolah meliputi kegiatan harian berupa piket kelas, kegiatan mingguan berupa Jum’at bersih, dan kegiatan tahunan seperti peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, b) Perilaku membuang sampah pada tempatnya dan mengelola sampah pribadi, c) Bertanggung jawab merawat dan tidak merusak tanaman yang ada disekitar lingkungan sekolah (2) Strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik melalui program Adiwiyata di SDN 1 Kedungwaru Tulungagung diantaranya melalui kegiatan belajar mengajar, budaya sekolah, metode keteladanan, metode pembiasaan, menggunakan metode reward dan punishment, peraturan skala kelas, dan kegiatan 3R, (3) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata pada peserta didik di SDN 1 Kedungwaru Tulungagung yaitu faktor pendukung guru dalam menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata pada peserta didik adalah dengan adanya pakes (paguyuban kelas) dan peran ikut serta kepala sekolah, guru, karyawan serta seluruh warga sekolah. Sedangkan untuk faktor penghambat guru dalam menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata pada peserta didik diantaranya seperti pengaruh dari lingkungan luar sekolah dan perbedaan karakter masing-masing peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153360 LENI WIDIASTUTI
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:56
Last Modified: 06 Jan 2020 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item View Item