PENGARUH QUANTUM TEACHING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI MA’ARIF TALOK GARUM BLITAR

NAHARUL TRIYA AGUSTIN, 17205153078 (2020) PENGARUH QUANTUM TEACHING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI MA’ARIF TALOK GARUM BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - pdf.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skipsi dengan judul “Pengaruh Quantum Teaching terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MI Ma’arif Talok Garum Blitar”, ini ditulis oleh Naharul Triya Agustin, NIM 17205153078. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang dibimbing oleh H. Abdulloh Chakim, S.Ag., M. Pd, NIP. 197301071998031003. Kata Kunci: Quantum Teaching, Partisipasi Belajar , Hasil Belajar. Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran Quantum Teaching. Kajian penelitian ini didilatar belakangi oleh berbagai permasalahan dalam pembelajaran Fiqih, antara lain: 1) kurangnya upaya guru dalam menelola kelas dengan aktif, 2) siswa dianggap penerima pasif dalam pembelajaran. siswa datang hanya duduk, dan mendengarkan informasi dari guru, sehigga membuat siswa bosan, 3) siswa merasa takut menyampaikan pendapat serta jawabannya, 4) kurangnya partisipasi siswa dalam proses belajar, sehingga keaktifan siswa dalam belajar kurang. Dan sebuah fenomena bahwa Quantum Teaching dapat mempengaruhi partisipasi dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah Quantum Teaching partisipasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas III di MI Ma’arif Talok Garum Blitar. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh Quantum Teaching terhadap partisipasi belajar siswa di MI Ma’arif Talok Garum Blitar, 2) untuk mengetahui pengaruh Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa di MI Ma’arif Talok Garum Blitar, 3) untuk mengetahui pengaruh Quantum Teaching terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa MI Ma’arif Talok Garum Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuntitatif, jenis metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian eksperimen dengan design eksperimen jenis Quasi Eksperimen Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Ma’arif Talok Tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 44 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sampling jenuh, dengan kelas III A sebagai kelas Eksperimen dan Kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) Angket, 2) Observasi, 3) Dokumentasi, dan 4) Tes. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur partisipasi belajar siswa, sedangkan tes yang berupa pilihan ganda digunakan untuk mengatur hasil belajar siswa.Sebelum digunakan untuk mengambil dan mendapatkan data terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reabilitas, selanjutnya akan diuji dengan uji MANOVA. Variabel bebas penelitian ini adalah Quantum Teaching, sedangkan variabel terikatnya adalah partisipasi belajar dan hasil belajar siswa di MI Ma’arif Talok Garum Blitar. Sumber data: responden dan dokumen. Hasil penelitian: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Quantum Teaching terhadap partisipasi belajar siswa, Hal ini menunjukkan bahwa 0,030 < 0,05. 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara QuantumTeaching terhadap hasil belajar siswa, bahwa nilai signifikasinya sebesar 0,006. Hal ini menunjukkan bahwa 0,006 < 0,05. 3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Quantum Teaching terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa, Berdasarkan output uji manova didapat nilai signifikansi 0,016, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari probabilitas α yang ditetapkan (0,016 < 0,05). Jadi Ho ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153078 NAHARUL TRIYA AGUSTIN
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:22
Last Modified: 07 Jan 2020 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14195

Actions (login required)

View Item View Item