STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL-QUR’AN DI SMP MUJIB IHSAN TALUN

LAILATUL FITRIA, 17201153018 (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL-QUR’AN DI SMP MUJIB IHSAN TALUN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB V .pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al-Qur’an di SMP Mujib Ihsan Talun” ditulis oleh Lailatul Fitria, NIM. 17201153018. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I NIP: 1972 060 1200003 1 002 Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Kesulitan Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap membosankan bagi siswa. Berdasarkan hasil observasi di SMP Mujib Ihsan Talun Kabupaten Blitar ada beberapa siswa yang masih belum mengalami kesulitan dalam belajar Al-Qur’an khususnya dalam hal menghafal. Rumusan masalah 1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di SMP Mujib Ihsan Talun 2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar menulis Al-Qur’an di SMP Mujib Ihsan Talun 3) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar menghafal Al-Qur’an di SMP Mujib Ihsan Talun. Tujuan dari penelitian adalah untuk: 1) untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca AlQur’an 2) untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menulis Al-Qur’an 3) untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Sabjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa kelas VII dan 2 siswa dari kelas VIII serta satu guru Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan sebagai berikut: 1) strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an dengn membiasakan membaca Al-Qur’an setiap pagi sebelum jam pelajaran di mulai 2) Dalam mengatasi kesulitan menulis guru PAI melatih ketrampilan siswa dalam menulis huruf-huruf hijaiyah 3) Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan menghafal dengan cara menulis surat yang akan dihafalkan kemudian di baca secara berulang-ulang, selain itu guru PAI memberikan jam tambahan pada siswa yang masih mengalami kesulitan belajar Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153018 LAILATUL FITRIA
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:04
Last Modified: 08 Jan 2020 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item