PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN DAKON GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A, DI TK ROFI’UL A’LAA JIWUT NGLEGOK BLITAR

INDAH KHOIRUNISA’, 17206153035 (2020) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN DAKON GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A, DI TK ROFI’UL A’LAA JIWUT NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Dakon Geometri Pada Anak Kelompok A Di Tk Rofi’ul A’laa Jiwut Nglegok Blitar,” ditulis oleh Indah Khoirunisa’, NIM. 17206153035, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Luluk Atirotu Zahro, M.Pd Kata kunci: Permaian Dakon Geometri, Kemampuan Kognitif Anak Konteks dalam penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh upaya guru dalam mengenalkan bentuk-bentuk geometri untuk anak dengan menerapkan permaian dakon geometri. Dengan menggunakan permainan ini, anak-anak dapat mengenal bentuk geometri dengan lebih mudah dan lebih aktif karena permainannya menarik. Anak-anak dikenalkan dengan garis terlebih dahulu dan bangun membentuk geometri yang di gambar oleh guru di papan tulis. Gambar kemudian dikenalkan satu per satu kepada anak melalui tanya jawab. Maka diperlukan permainan yang dapat membantu dalam mengenal bentuk-bentuk geometri yaitu dakon geometri. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan permainan dakon geometri dalam, mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK Rofi’ul A’la Jiwut Nglegok Blitar? (2) Bagaimana dampak penerapan permainan dakon geometri dalam, mengembangkan kemampuan kognitif anak di Tk Rofi’ul A’la Jiwut Nglegok Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan permainan dakon geometri dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK Rofi’ul A’la Jiwut Nglegok Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan penerapan dakon geometri dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK Rofi’ul A’la Jiwut Nglegok Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data yang dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara pengujian Credibility, pengujian Transferability, Pengujian Depenability, dan pengujian Confirmability. Hasil dari paparan data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan permainan dakon geometri yang dilaksanakn pada penelitian ini hasilnya efektif, pengenalan bentuk geometri pada anak berdampak pada kemapuan anak dapat memecahkan masalah dalam mengembangkan kemampuan kognitif yaitu mengenal bentuk-bentuk geometri. (2) Dampak dari permainan dakon geometri efektif dalam pengembangan kemampuan kognitif anak, karena proses kegiatan belajar mengajar lebih menarik dan efektif proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153035 INDAH KHOIRUNISA’
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:42
Last Modified: 09 Jan 2020 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item View Item