ACHMAD ALIYUDIN AZIS, 17205153332 (2020) IMPLEMENTASI KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBUATAN MEDIA BELAJAR BERBASIS KOLASE PADA MATA PELAJARAN TEMATIK SISWA DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Implementasi Kreativitas Siswa Dalam Pembuatan Media Belajar Berbasis Kolase Pada Mata Pelajaran Tematik Siswa Di MI Al-Hidayah 2 Betak” ditulis oleh Achmad Aliyudin Azis Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Dr. H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Kreatifitas Siswa, Media Kolase Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian materi pembelajaran yang di sampaikan serta isi pelajaran yang akan meningkatkan kreativitas peserta didik dalam segi apapun. Salah satu media belajar yang mampu membuat suasana pembelajaran menjadi menarik, meningkatkan kreativitas, dan menyenangkan adalah penggunaan media belajar berbasis kolase. Media belajar berbasis kolase dapat meningkatkan kreativitas anak karena pada kegiatan kolase anak dapat berkreasi sesuai dengan kreativitas masing-masing dan merupakan kegiatan yang menarik bagi anak. Anak dapat menempel, menyusun dan merekatkan bahan-bahan yang tersedia sesuai dengan kreativitas masing-masing, serta dalam memperoleh bahan-bahan tidak diperlukan banyak biaya, dapat menggunakan barang-barang bekas serta bahan alam yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Penelitian membahas tentang Kreativitas Siswa Dalam Pembuatan Media Belajar Berbasis Kolase Pada Mata Pelajaran Tematik Siswa Di MI Al-Hidayah 2 Betak . Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode peningkatan kreatifitas siswa dalam pembuatan media kolase mata pelajaran tematik siswa kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana masalah dan solusi dalam penerapan metode kolase pada mata pelajaran tematik siswa kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi penerapan metode kreatifitas pembuatan media kolase pada mata pelajaran tematik siswa kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Usaha sekolah dalam meningkatkan kreatifitas siswa di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. terdapat berbagai usaha yang digunakan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, yakni sebagai berikut : a. pemilihan metode yang tepat : merupakan usaha dimana seorang guru harus memiliki metode atau cara yang tepat dan cepat untuk meningkatkan kreativitas siswa tersebut tersebut. b. pemilihan media yang sesuai : merupakan usaha dimana seorang guru harus memberikan petunjuk dan bahan yang tepat agar dalam mengerjakan siswa menjadi lebih senang dan semangat dalam pelaksanaan pembelajaran jadi siswa lebih mudah berkembang dalam segi kreatifitasnya. c. pembelajarn yang dilakukan : merupakan usaha dimana seorang guru melakukan pembelajarn pembuatan media dengan lebih sering dilakukan agar siswa dalam mengembangkan kreativitasnya lebih cepat. 2) Penerapan metode guru di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Ada beberapa metode yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembuatan media belajar berbasis kolase yaitu metode ceramah dan metode diskusi. Ada 3 tahapan dalam metode ceramah, Tahapan pertama guru menjelaskan dan mengenalkan alat-alat serta bahan yang akan digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Tahapan kedua guru membimbing anak untuk menempelkan bahan pada pola dengan cara memberi perekat. Tahapan ketiga guru menjelaskan posisi untuk menempelkan bahan pada pola gambar dengan benar. Metode diskusi dilakukan agar siswa-siswi mudah dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Kegiatan pembuatan media belajar berbasis kolase dilakukan berulang-ulang sesuai tema. 3) Evaluasi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembuatan media kolase. a. Tes kreativitas sebagai alat evaluasi yang digunakan guru. b. Indikator kreativitas dalam mengkategorikan hasil karya. c. Perubahan individu yang dapat dilihat setelah melakukan kegiatan kolase melalui tahapan proses kreatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153332 ACHMAD ALIYUDIN AZIS |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 08:12 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 08:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14229 |
Actions (login required)
View Item |