PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS IV MI MANBAUL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/ 2020

M. ULIN NUHA PRAMUDITA NGALI, 17205153020 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS IV MI MANBAUL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/ 2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas IV MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020” ditulis oleh M. Ulin Nuha Pramudita Ngali, NIM 17205153020, Pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag Kata Kunci : Mind Mapping, motivasi belajar, hasil belajar siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kurang keaktifan siswa dalam belajar dan kesulitan dalam mengikuti pembelajaran fiqih yang dikarenakan masih menggunakan model pembelajaran ceramah dan mengerjakan soal latihan sehingga mempengaruhi nilai pelajaran Fiqih siswa yang rata-rata masih dibawah nilai KKM. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatife tipe Mind Mapping terhadap motivasi belajar fiqih siswa kelas IV MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020, (2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatife tipe Mind Mapping terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas IV D MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020, (3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatife tipe Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih siswa kelas IV MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif semu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sumber data diperoleh dari hasil nilai post test pada kelas IV MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini antara lain uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada pengaruh metode Mind Mapping terhadap motivasi belajar fiqih siswa kelas IV di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig. < 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Hɑ) diterima. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas IV di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig. < 0,05 atau 0,001 < 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Hɑ) diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar Fiqih siswa kelas IV MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari nilai uji manova menunjukkan bahwa hasil pada Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root yang terdapat pada effect faktor dan diperoleh keseluruhan data yang sama yaitu sebesar 0,000. Sehingga nilai sig. < 0,05 atau 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153020 M. ULIN NUHA PRAMUDITA NGALI
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:52
Last Modified: 25 Mar 2020 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14271

Actions (login required)

View Item View Item