STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

M. ABDUL HAMID, 17205153329 (2020) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung,” ditulis oleh Muhammad Abdul Hamid, NIM 17205153329, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Guru Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung. Pembimbing Nuryani, S.Ag.,M.Pd.I Kata kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa. Pendidikan juga menjadi tolak ukur memajukan suatu bangsa, dan menjadi cermin kepribadian masyarakat. Pentingnya pembelajaran Al-Quran Hadits sebagai pegangan dan pedoman dalam berbuat, maka dalam madrasah diadakan pendidikan Al-Quran Hadits agar generasi penerus tidak salah langkah, karena dengan kembali kepada Al-Quran dan Hadits kita dapat memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?, 2) Bagaimana metode guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang utama dalam penelitian kualitatif dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder dari data sekolah. Adapunan alisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menjelaskan data-data yang telah diperoleh selama melakukan penelitian, berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tahapan perencanaan yang dilaksanakan, persiapan berupa penyediaan kelengkapan teknis berupa alat ajar berupa Prota, Prosem, RPP, dengan mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat serta daerah, hingga secara khusus pengklasifikiasian jenis kesulitan hingga antisipasi guru dalam melaksanaan perencanaan. 2) Terkait dengan metode yang diambil oleh guru khususnya untuk mata pelajaran Al Qur’an Hadits, maka sebagai salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi persoalan belajar pada anak guru menggunakan metode qiro’ati dengan pendekatan persuasif, dengan harapan guru dapat mengetahui seluk beluk permasalahan pada anak. 3) Guru melaksanakan evaluasi dengan mempertimbangan faktor yang berpengaruh bagi siswa hingga kelangsungan pembelajaran. Guru harus melaksanakan evaluasi diri, kelas, hingga personal siswa guna meningkatkan hasil pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153329 M. ABDUL HAMID
Date Deposited: 16 Jan 2020 08:58
Last Modified: 16 Jan 2020 08:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14281

Actions (login required)

View Item View Item