INDAH NUR LAILATUL KHUSNA, 17205163276 (2020) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI MI NURUL ISLAM SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (831kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (409kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (231kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (317kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung ” ini ditulis Oleh Indah Nur Lailatul Khusna, NIM 17205163276, Tahun 2020, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah(PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Nuryani, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik Terpadu Salah satu penekanan pada implementasi kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang menekankan pada apa yang seharusnya dinilai dalam pembelajaran, baik proses maupun hasil dan dengan berbagai instrumen penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang ada. Penilaian autentik terdiri dari penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian ketrampilan. Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui Penilaian kompetensi Sikap Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung (2) untuk mengetahui Penilaian Kompetensi Pengetahuan Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung (3) Untuk mengetahui Penilaian Kompetensi Ketrampilan Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data utama yang berupa kata – kata dan tindakan, serta sumber data tambahan yang berupa dokumen – dokumen. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas V, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajekan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitiannya adalah (1) penilaian pada kompetensi sikap meliputi observasi, penilaian teman sejawat, dan penilaian jurnal, dalam pelaksanaannya sudah cukup baik (2) penilaian pada kompetensi pengetahuan meliputi tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Pelaksanaan penilaian kompetensi pengetahuan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat (3) penilaian pada kompetensi ketrampilan meliputi penilaian unjuk kerja, penilaian proyek dan penilaian portofolio. Perencanaan dalam kompetensi penilaian ketrampilan sudah baik, akan tetapi kurang dalam hal pelaksanaannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | SKRIPSI 17205163276 INDAH NUR LAILATUL KHUSNA |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 07:16 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14404 |
Actions (login required)
View Item |