PENERAPAN MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN INDUSTRI KERAJINAN MARMER DI KECAMATAN CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

YULIA ANGGRAINI, 17402153171 (2020) PENERAPAN MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN INDUSTRI KERAJINAN MARMER DI KECAMATAN CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjulan Industri Kerajinan Marmer di Kecamatan Campurdarat Tulungagung”, yang ditulis oleh Yulia Anggraini, NIM. 17402153171, Pembimbing Lantip Susilowati, S.Pd., M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pesaing bisnis industri kerajinan marmer, adanya persaingan tersebut dikarenakan jumlah industri kerajinan marmer dan sejenisnya yang tidak sedikit, otomatis banyak persaingan yang akan dihadapi. Dengan meningkatnya pesaing tersebut industri kerajinan marmer di Kecamatan Campurdarat Tulungagung menerapkan marketing mix guna meningkatkan volume penjualan. Fokus Penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan industri kerajinan marmer di Kecamatan Campurdarat Tulungagung? (2) Apa saja kendala-kendala penerapan marketing mix dan bagaimana solusi dalam menghadapi kendala-kendala tesebut ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Srategi pemasaran produk di industri kerajinan marmer di Kecamatan Campurdarat Tulungagung dalam meningkatkan volume penjualan, meliputi: menjaga kualitas produk, melakukan pelayanan yang baik, mengembangkan produk, Strategi harga: harga diimbangi kualitas, dan sesuai dengan harga pasaran, Strategi tempat: distribusi secara langsung dan tidak langsung dan Startegi promosi: mengikuti pameran, menggunakan kartu nama, menambah mitra kerja, menggunakan media online. (2) Kendala penerapan marketing mix yakni: Strategi produk: kendala pada cuaca musim hujan, terjadi pemadaman/trobel pada listrik, Strategi harga: terjadi kenaikan BBM, pada saat cuaca buruk bahan baku ikut naik, ada yang menjual produk sejenis dengan harga yang murah, Strategi tempat: distribusi secara langsung banyak yang menjual produk serupa dengan jarak yang berdekatan, distribusi tidak langsung telat/mengalami kerusakan pada saat pengiriman, dan Strategi promosi: kalau pameran kadang terkendala biaya, kalau hanya menggunakan kartu nama masih kurang efektif karena akan kalah saing dengan yang menggunakan media sosial. Dan solusi dalam upaya mengatasi kendala yakni: melakukan peremajaan/pengontrolan pada mesin, menyimpan bahan baku untuk cadangan, menambah mitra kerja, memperbaiki pengemasan, pemanfaatan teknologi untuk sarana promosi/penjualan, dan mengembangkan produk-produk. Kata Kunci : Marketing Mix, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153171 YULIA ANGGRAINI
Date Deposited: 31 Jan 2020 07:07
Last Modified: 31 Jan 2020 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14412

Actions (login required)

View Item View Item