NIKMATUS SOLIKHAH, 17401153020 (2020) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN IB HIJRAH HAJI DI BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG UTAMA KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (756kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi Pemasaran Produk Tabungan IB Hijrah Haji di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Utama Kediri” ini ditulis oleh Nikmatus Solikhah NIM. 17401153020 dengan pembimbing Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Latar belakang skripsi ini adalah sebuah fenomana bahwa banyaknya minat dan keterbatasan dari masyarakat muslim yang menginginkan beribadah di tanah suci, maka muncullah produk untuk membantu permasalahan tersebut yaitu Tabungan IB Hijrah Haji. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana konsep Produk Tabungan IB Hijrah Haji di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Utama Kediri? (2) Bagaimana implementasi Strategi Pemasaran Produk Tabungan IB Hijrah Haji di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Utama Kediri? (3) Bagaimana kendala Produk Tabungan IB Hijrah Haji di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Utama Kediri? (4) Bagaimana solusi dalam mengatasi kendala dari Produk Tabungan IB Hijrah Haji di Bank MuamalatbIndonesia Kantor Cabang Utama Kediri? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data melalui wawancara , observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu proses pengolahan dan penafsiran. Hasil penelitian ini adalah (1)Tabungan IB Hijrah Haji menggunakan akad wadi’ah yang merupakan titipan murni dan tidak dapat mengurangi dari dana yang sudah disetorkan ke rekening. Sasaran dari Tabungan IB Hijrah Haji adalah nasabah yang beragama Islam baik dewasa maupun anak- anak (usia minimal 12 tahun). Setoran awal ketika pembukaan rekening adalah Rp100.000 dan harus mencapaibsaldo akhir sebesar Rp 25.000.000. Jumlah nominal tersebut digunakan untuk mendapatkan porsi keberangkatan haji di Kementerian Agama.(2)Untuk strategi pemasaran produk tabungan IB Hijrah Haji ini menggunakan tiga faktor strategi pemasaran yakni segmenting, targeting, positioning yang juga didalamnya terdapat bauran pemasaran atau marketing mix. (3) Kendala pada Tabungan IB Hijrah Haji meliputi minimnya unit kantor dan terbatasnya SDM khususnya Customer Service yang melayani, jangkauan pendaftaran tabungan haji,keraguan masyarakat tentang adanya bank muamalat sebagai bank syariah. (4) Solusi untuk mengatasi kendala pada Tabungan IB Hijrah Haji yaitu setiap nasabah baru disarankan menginstal Mobile Banking, dan disediakan pula mobil Branch yang disediakan bank untuk keliling ditempat serta waktu tertentu. Untuk informasi disediakan Brosur cetak maupun elektronik di web resmi Bank Muamalat Indonesia. Kata Kunci: Implementasi, Strategi Pemasaran, Tabungan IB Hijrah Haji
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Muhammad Syauqi Mushoffa |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 04:27 |
Last Modified: | 25 Mar 2020 08:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14417 |
Actions (login required)
View Item |