NURIANA AZKA, 17205163292 (2020) IMPLEMENTASI MEDIA POSTER DALAM MENGASAH KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (16MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (124kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (136kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implentasi media poster dalam mengasah keterampilan menulis karangan deskripsi di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nuriana Azka, NIM. 17205163292, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Media poster, keterampilan menulis, karangan deskripsi. Penelitian ini difokuskan kepada penggunaan media poster dalam mengasah keterampilan menulis karangan deskripsi bagi peserta didik. Dalam hal ini peneliti mencari tahu bagaimana penggunaan media poster dapat membantu mengasah keterampilan peserta didik dalam menemukan tema, tujuan dan mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan deskripsi. Tujuan Penelitian ini diantaranya adalah mengetahui: 1) Untuk menjelaskan implementasi media poster dalam mengasah keterampilan menentukan tema menulis karangan deskripsi peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan implementasi media poster dalam dalam mengasah keterampilan menemukan tujuan menulis karangan deskripsi peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk Menjelaskan implementasi media poster dalam mengasah keterampilan mengembangkan kerangka karangan menulis karangan deskripsi peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Jenis Penelitian berdasarkan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data dan cara mengamati objek penelitian. Metode wawancara digunakan sebagai pengumpulan data dengan cara menggali data melalui informan. Metode dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data dengan cara mencarai data atau informasi yang telah dicatat dengan cara foto ketika wawancara dan observasi. Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas V sudah berjalan dengan baik. Penggunaan media poster sangat membantu peserta didik menemukan tema menulis karangan deskripsi yaitu, dengan cara mencari kata kunci atau ide pokok yang terdapat pada media tersebut. 2) Implementasi media poster dalam mengasah keterampilan menemukan tujuan menulis karangan deskripsi yaitu dengan menggunakan tema yang sudah didapatkan kemudian dikembangkan kembali sehingga peserta didik dapat menemukan tujuan menulis karangan deskripsi 3) Implementasi media poster dalam mengasah keterampilan mengembangkan kerangka karangan menulis karangan deskripsi yakni, dengan cara mengamati kembali apa yang mereka lihat dari poster tersebut dan mengumpulkan bahan yang sudah diamati kemudian menyusunnya kedalam kerangka karangan. Dengan bimbingan guru kerangka karangan tersebut akan dikembangkan menjadi karangan deskripsi. Dengan demikian penggunaan media poster ini, dapat digunakan dalam mengasah keterampilan menulis karangan deskripsi yaitu menemukan tema,menemukan tujuan, dan mengembangkan kerangka karangan. Sebab didalam media poster terdapat informasi, motivasi, ide pokok, dan ajakan sehingga dapat memudahkan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media ini, guru kelas harus senantiasa mengarahkan atau membimbing siswa untuk menemukan tujuan menulis karangan deskripsi tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163292 Nuriana Azka |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 03:48 |
Last Modified: | 25 Mar 2020 08:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14419 |
Actions (login required)
View Item |