PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTs. ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG

NOVIANA KUSNIAWATUL FITRI, 17201163114 (2020) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTs. ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (200kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MTs. Aswaja Tunggangri Tulungagung” ini ditulis oleh Noviana Kusniawatul Fitri, NIM. 17201163114 , Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Mind Mapping, Minat Belajar, Hasil Belajar Metode Mind Mapping adalah salah satu teknik mencatat yang dikembangkan dalam pembelajaran. Konsep ini didasarkan pada cara kerja otak kita dalam menyimpan informasi. Teknik mind mapping sendiri adalah cara mengajar yang menyenangkan karena melibatkan keahlian siswa untut mencatat jadi melatih kerja mata dan otak siswa itu sendiri, informasi dalam bentuk tulisan akan memudahkan memahami materi puasa. Penulis tertarik untuk mengadakan penelitian eksperimen Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap minat dan hasil belajar siswa. Rumusan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap minat belajar siswa pada materi puasa kelas VIII MTs. ASWAJA Tunggangri Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi puasa kelas VIII MTs. ASWAJA Tunggangri Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi puasa kelas VIII MTs. ASWAJA Tunggangri Tulungagung ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh mind mapping terhadap minat belajar siswa pada materi puasa kelas VIII MTs. ASWAJA Tunggangri Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi puasa kelas VIII MTs. ASWAJA Tunggangri Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh mind mapping terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi puasa kelas VIII MTs. ASWAJA Tunggangri Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTs. ASWAJA Tunggangri sebanyak 87 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebanyak 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C yang terdiri dari 17 siswa sebagai kelas control. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, dan Angket. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan Uji Varian Multivariat (MANOVA). Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,041 < 0,05 dan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163114 NOVIANA KUSNIAWATUL FITRI
Date Deposited: 19 Feb 2020 06:16
Last Modified: 19 Feb 2020 06:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14487

Actions (login required)

View Item View Item