WASILATUR ROFI’AH, 17206163048 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI RA AL KHODIJAH KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (385kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rofi’ah, Wasilatur. 17206163048. 2019 “ Strategi Guru Dalam Mnegembangkan kecerdasan Emosional Siswa di RA Al Khodijah Kromasan Ngunut Tulungagung “ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Ibu Mirna Wahyu Agustina, M. Psi Kata kunci : Strategi Guru, Anak Usia Dini, Kecerdasan Emosional. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang serba digital, saat ini kecerdasan emosional merupakan kemampuan seperti kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi emosi yang negatif, mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesedihan ataupun kesenangan, mengatur suasana hati berempati dan berdoa. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di RA Al Khodijah Kromasan Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Strategi guru dalam mengembangkan kemampuan mengolah emosi diri siswa di RA Al Khodijah Kromasan?, 2) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan dalam membangun hubungan dengan orang lain di RA Al Khodijah Kromasan?, 3) Bagaimana hal-hal penghambat terkait strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di RA Al Khodijah Kromasan? 4) Bagaimana strategi guru mengatasi hambatan yang terjadi dalam mengembangankan kecerdasan emosional siswa di RA Al Khodijah Kromasan? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama strategi guru dalam mengembangkan kemampuan mengolah emosi diri siswa RA Al-Khodijah Kromasan Ngunut Tulungagung yaitu penerapan pembiasaan senyum, salam, sapa, sopan, santun (5s), Metode pembelajaran bercerita dan bermain peran, memotifasi siswa. Kedua Proses pelaksanaan guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional dalam membina hubungan dengan orang lain di RA Al Khodijah Kromasan Ngunut Tulungagung membudayakan sistim belajar kelompok, memantau kegiatan siswa, menumbuhkan sikap solidaritas dan pemberian contoh sikap soaial dari guru. Ketiga faktor penghambat strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di RA Al Khodijah Kromasan Ngunut Tulungagung adalah perlakuan orang tua dirumah tidak sama dari perlakuan guru di sekolah, keempat strategi guru mengatasi hambatan dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa RA Al Khodijah Kromasan Ngunut Tulungagung dengan menjalin kerjasama dengan walimurid dan kegiatan parenting.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163048 Wasilatur Rofi'ah |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 06:29 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14544 |
Actions (login required)
View Item |