PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA DI SDI MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

CICIK DWI SAFITRI, 17205163032 (2020) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA DI SDI MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (612kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Cicik Dwi Safitri, 17205163032, Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Siswa di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Perilaku Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi Kurikulum 2013 di SD/MI dimana pemerintah menekankan pada pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered approaches), yaitu menggunakan pendekatan saintifik. Faktanya pada pembelajaran Akidah Akhlak di Sekolah Dasar Islam, Guru di dalam kelas masih menerapkan pendekatan pembelajaran berorientasi pada guru (teacher centered approaches). Pembelajaran Akidah Akhlak sendiri sangat erat kaitannya dengan pembentukan perilaku siswa, misalnya materi pelajaran tentang akhlak terpuji dan adab islami. Untuk itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan perilaku siswa. Maka peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan pendekatan saintifik untuk mengetahui pengaruhnya terhadap perilaku keagamaan dan perilaku sosial siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Keagamaan siswa kelas III di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Sosial siswa kelas III di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Keagamaan dan Perilaku Sosial siswa kelas III di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung? Tujuan Penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku keagamaan siswa kelas III di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas III di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku keagamaan dan perilaku sosial siswa kelas III di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi, teknik sampling menggunakan nonprobability tipe purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung berjumlah 266 siswa dan sampel yang diambil adalah siswa kelas IIIA dan IIIB berjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA dengan uji validitas dan uji reliabiltas sebagai uji instrumen, serta uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku keagamaan siswa kelas III di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 9,013 > ttabel 3,16 dan memperoleh nilai signifikansi 0,004 atau 0,004 < 0,05. Sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas III di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 6,054 > ttabel 3,16 dan memperoleh nilai signifikansi 0,017 atau 0,017 < 0,05. Sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. (3) ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku keagamaan dan perilaku sosial siswa kelas III di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh thitung > ttabel (3,16) pada Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotteling’s Trace, Roy’s Largest Root mendapatkan nilai F 7,863. Nilai signifikansi keseluruhan sebesar 0,001 dan nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 atau (0,001 < 0,05). Maka, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Skripsi 17205163032 CICIK DWI SAFITRI
Date Deposited: 25 Feb 2020 01:31
Last Modified: 25 Feb 2020 01:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item