ANITA DEWI JUARIAH, 17205163014 (2020) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAM KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN HAFALAN JUZ AMMA DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (890kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (413kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (323kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Menanamkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik melalui Kegiatan Hafalan Juz Amma di MIN 1 Tulungagung, Tahun 2020” ini ditulis oleh Anita Dewi Juariah, NIM.17205163014, pembimbing Dr.H.Abd.Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Penanaman, Kecerdasan Spiritual Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kondisi moral atau akhlak generasi muda mulai rusak atau hancur dikarenakan kurangnya adanya pemahaman bagaimana mengelola kecerdasan yang dimilikinya terutama kecerdasan spiritual. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah krisis moral dan akhlak dengan penanaman kecerdasan spiritual melalui kegiatan hafalan peserta didik di MIN 1 Tulungagung. Fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penanaman aspek habluminallah melalui program hafalan di MIN 1 Tulungagung? 2) Bagaimana penanaman aspek habluminannas melalui program hafalan di MIN 1 Tulungagung? 3) Bagaimana penanaman aspek habluminaalam melalui program hafalan di MIN 1 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru menanamkan kecerdasan spiritual melalui kegiatan hafalan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MIN 1 Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari Guru Tahfidz, Kepala Sekolah dan Peserta didik. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penanaman aspek habluminallah melalui program hafalan di MIN 1 Tulungagung adalah: Pertama membiasakan peserta didik untuk bersikap positif dari hal kecil misalnya mengaji, shalat, mengucapkan salam, serta berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran. Kedua melibatkan peserta didik dalam beribadah misalnya beribadah shalat berjamaah. Ketiga memotivasi peserta didik agar melakukan ibadah dirumah dan disekolah. 2) penanaman aspek habluminannas melalui hafalan juz amma di MIN 1 Tulungagung adalah : Pertama guru membiasakan peserta didik untuk saling membantu. Kedua melatih peserta didik untuk bersikap syukur dengan mengucapkan kalimat alhamdulillah. Ketiga memelihara kesopanan dengan keteladanan. 3) penanaman aspek habluminaalam melalui hafalan juz amma di MIN 1 Tulungagung adalah : Pertama mengajak peserta didik untuk mengenal alam melalui kegiatan belajar langsung. Kedua memberikan rasa kesadaran kepada peserta didik untuk mensyukuri nikmat Allah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163014 ANITA DEWI JUARIAH |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 06:42 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14647 |
Actions (login required)
View Item |