PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) BERBASIS HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTsn 7 TULUNGAGUNG

EKI KURNIA SHANDY, 17209163029 (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) BERBASIS HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTsn 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (747kB)
[img] Text
ABSTRAK 1-digabungkan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (545kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (420kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum efektif dan efisien. Pembahasan materi IPS juga sangat luas dan ini tentu siswa dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menyelesaikan berbagai persoalan dan masalah dalam IPS serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar, maka guru dapat menggunakan strategi pembelajaran kontekstual model REACT berbasis Hands On Activity. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS antara yang menggunakan pembelajaran kontekstual model REACT berbasis Hands On Activity dan konvensional, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran kontekstual model REACT berbasis Hands On Activity terhadap hasil belajar IPS, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran kontekstual model REACT berbasis Hands On Activity terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Dengan pembelajaran kontekstual model REACT berbasis Hands On Activity sebagai variabel bebas dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 46 siswa dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 46 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode post test, uji t-test serta penghitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual model REACT berbasis Hands On Activity rata-rata 95,37 diatas KKM lebih baik dari model pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kontekstual model REACT berbasis Hands On Activity terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai t_hitung = 10,321 dan t_tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,207 sehingga nilai t_hitung > t_tabel , (3) besarnya pengaruh pembelajaran kontekstual model REACT berbasis Hands On Activity terhadap hasil belajar IPS sebesar 91,9% dimana presentase tersebut tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163029 Eki Kurnia Shandy
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:44
Last Modified: 25 Mar 2020 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14653

Actions (login required)

View Item View Item