MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL-HIDAYAH TERMAS BARON NGANJUK

DIANA RIF'ATUL AZIZAH, 17207163054 (2020) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL-HIDAYAH TERMAS BARON NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk”, ini ditulis oleh Diana Rif’atul Azizah, NIM 17207163054, Pembimbing Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci : Manajemen, Sarana dan Prasarana, Peningkatan Mutu Tulisan ini menjelaskan tentang manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Termas Baron. Sekolah akan dapat berjalan dengan lancar apabila sarana dan prasarana pendidikan mendukung seluruh kegiatan di madrasah. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang maksimalnya pengelola dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan di MA Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk. Sehingga berpengaruhnya pada peningkatan mutu pendidikan madrasah tersebut. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan adalah proses kerja sama pendayagunaan semua sarana dan prasarana pendidikan secara efektif. Tujuan pengelolaansarana dan prasarana ini untuk memberikan layanan secara profesional agar proses pembelajaran bisa berjalan secara efektif dan efisien. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana Perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana di MA Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk?, (2)Bagaiamana pengadaan sarana danprasarana dalam meningkatkan mutu di MA Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk?, (3) Bagaimana penggunaan sarana dan prasarana di MA Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk?, (4) Bagaimana pemeliharaan sarana dan prasarana di MA Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk?. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif, subyek penelitian adalah kepala madrasah dan waka sarana dan prasarana. data yang dikumpulkan melalui tiga cara yaitu : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) perencanaan sarana dan prasarana pendidikan melalui analisis kebutuhan dan hasil musyawarah dan pengadaan sarana dan prasarana yang disesuaikan dengan dana madrasah dengan alternatif pembelian dengan memperhatikan kualitas serta fungsi sarana dan prasarana, (2) pengadaan sarana dan prasarana yang dilakukan di madrasah dengan alternatif pembelian secara berangsur dan yang telah di setujui oleh pihak yayasan, (3) penggunaan sarana dan prasarana digunakan oleh semua warga madrasah, duru dan semua murid madrasah, penggunaan juga harus diawasi secara efektif oleh pihak madrasah, (4) pemeliharaan sarana dan prasarana sangat diperlukan, agar barang-barang yang dimiliki madrasah selalu dalam pengawan dan dijaga dengan sebaik mungkin, pemeliharaan sangat terbantu dengan adanya inventarisasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163054 Diana Rif'atul Azizah
Date Deposited: 02 Mar 2020 07:03
Last Modified: 31 Mar 2020 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14663

Actions (login required)

View Item View Item