KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR

CHOIRINA NUR NADIYAH, 17201163008 (2020) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Profesional Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MA Maarif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Choirina Nur Nadiyah, NIM. 17201163008, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tuntunan guru Akidah Akhlak yang harus memiliki kompetensi profesional dalam menguasai materi secara mendalam. Media dan metode itu digunakan beraneka ragam. Jika hal tersebut dikuasai oleh guru, idealnya pembelajaran akan berlangsung menarik dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Fokus penelitian ini adalah 1) Kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar, 2) Kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Maarif NU KotaBlitar, dan 3) Mendeskripsikan secara mendalam kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkakn hasil belajar peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar. Tujuan penelitan ini yaitu 1) Mendeskripsikan secara mendalam kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar, 2) Mendeskripsikan secara mendalam kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar, 3) Mendeskripsikan secara mendalam kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Akidsh Akhlak di MA Maarif NU Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan ketekunan atau keajekan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, dan memperpanjang waktu kehadiran. Hasil penelitian ini: 1) Guru meningkatkan pengetahuan secara mandiri untuk menguasai materi yang akan disampaikan dengan membaca buku-bukusumber, mengikuti diklat mata pelajaran, dan diskusi dengan teman sejawat. Selain itu, guru Akidah Akhlak sebagai seorang yang profesional dengan penguasaan materi yang luas dan mendalam sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya mampu merancang materi pembelajaran yaitu dengan pemilihan bahan ajar dengan mengacu atau merujuk pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, mampu menyampaikan materi pembelajaran yaitu dengan pemilihan bahan ajar dengan mengacu atau merujuk pada standar komptensi dan kompetensi dasar, mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan memberikan penjelasan secara logis disertai contoh yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, 2) Guru menggunakan media papan tulis, modul, atau LCD dan laptop. Penggunaan media harus melalui pemilihan dengan prinsip-prinsip tertentu yang harus dipenuhi, agar pemilihan media dapat berjalan dengan baik, karena pemilihan media yang tepat sangat mempengaruhi sikap peserta didik dalam mengikuti pembeljaaran. Jika pemilihan media tepat dan bervariasi maka hasil belajar peserta didik juga akan semakin tinggi, 3) Guru menerapkan bermacam-macam metode, yaitu metode ceramah, diskusi, penugasan, tanya jawab, demonstrasi, dan bimbingan teman sejawat. Penggunaan metode tidak digunakan begitu saja melainkan melalui tahap pemilihan yang didalamnya meliputi menyesuaikan dengan materi pelajaran, sesuai dengan karakter peserta didik, guru menguasai metode, situasi dan kondisi kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163008 CHOIRINA NUR NADIYAH
Date Deposited: 03 Mar 2020 05:02
Last Modified: 03 Mar 2020 05:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14682

Actions (login required)

View Item View Item