PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 14 BLITAR KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

IDA AGUSTIANI, 17205163086 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 14 BLITAR KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (352kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik di MIN 14 Blitar, Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Ida Agustiani, NIM. 17205163086, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Asrop Safi’i, M. Ag. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan kemampuan guru dalam menguasai pembelajaran yang masih tergolong rendah dan merosotnya mutu pendidikan nasional yang disebabkan oleh keberadaan guru yang kurang professional dalam mengelola pembelajaran (kompetensi pedagogik). Motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Salah satu faktor yang menentukan berhasilnya proses belajar mengajar di kelas adalah pendidik. Guru merupakan ujung tombak tercapainya tujuan pendidikan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Tematik di MIN 14 Blitar, Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020?, (2) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik di MIN 14 Blitar, Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020?, (3) Adakah pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik di MIN 14 Blitar, Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif korelasi, lokasi penelitiannya di MIN 14 Blitar, Kolomayan Wonodadi Blitar. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan mengambil sampel dengan tujuan tertentu. Populasi penelitian ini seluruh siswa di MIN 14 Blitar, sedangkan sampelnya kelas IV-A, B, dan C di MIN 14 Blitar. Dalam pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan dua uji yaitu: a) uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas, uji linearitas. b) uji hipotesis yaitu dengan uji regresi sederhana dan uji manova. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan hasil nilai thitung adalah 4,978 dan diketahui nilai ttabel 1,999 sehingga thitung > ttabel dan taraf sign 0,000 (0,000< 0,05), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik dengan hasil nilai thitung adalah 2,293 dan diketahui nilai ttabel 1,999 sehingga thitung > ttabel dan taraf sign 0,025(0,025< 0,05), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Hasil pengujian hipotesis diperoleh kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik dengan nilai signifikansi untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root = 0,000. jadi, nilai signifikansi lebih kecil daripada taraf signifikansi 0.05 (0,000<0,05), artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163086 IDA AGUSTIANI
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:07
Last Modified: 09 Mar 2020 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14686

Actions (login required)

View Item View Item