ULIL MU'ARIFAH, 17208163023 (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Ulil Mu’arifah, NIM. 17208163023, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS), Berpikir Kritis, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena tidak seimbangnya aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada siswa. Sehingga perlu adanya suatu strategi pembelajaran yang sesuai untuk dapat menunjang perkembangan kemampuan berpikir siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotrik yang secara tidak langsung akan berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 2 Blitar 2) untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Blitar 3) untuk mendeskripsikan adanya hubungan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen dan rancangan penelitian non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Blitar dengan mengambil subyek 2 kelas yaitu kelas XI MIA 2 (strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa) dan kelas XI MIA 3 (ceramah). Teknik pengumpulan data berupa hasil angket dan hasil pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa 1) Penerapan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa, dengan diterapkannya strategi pembelajaran tersebut siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis sesuai dengan indikator-indikator yang telah ada, yang ditunjukkan dengan hasil uji-t sampel tak homogen yaitu angka signifikasi = 0,000/2 = 0 < 0,05. 2) Strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) berpengaruh pada hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar berupa jawaban post-test yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang menggunakan ceramah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t sampel bebas yaitu signifikasi = 0,000/2 = 0 < 0,05. 3) Kemampuan berpikir kritis pada siswa memiliki hubungan yang linier atau searah dengan hasil belajarnya. Sehingga, ketika kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa meningkat, maka hasil belajar siswa tersebut ikut meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi sederhana yaitu pada persamaan regresi linier menunjukkan signifikasi = 0,023/2 = 0,011 < 0,05 atau memiliki hubungan yang positif. Pada uji linieritas menunjukkan signifikasi = 0,323 > 0,05 yang berarti searah. Pada uji signifikasi persamaan regresi menunjukkan bahwa signifikasi = 0,023 < 0,05 yang berarti memiliki hubungan yang signifikan. Serta pada uji signifikasi koefisien korelasi menunjukkan bahwa signifikasi = 0,023 < 0,05 yang berarti koefisien korelasinya signifikan. Sedangkan R Square menunjukkan bahwa 0,152 atau 15,2% variasi variabel hasil belajar dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kritis dengan tingkat hubungan yang sangat lemah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208163023 ULIL MU'ARIFAH |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 04:25 |
Last Modified: | 25 Mar 2020 08:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14693 |
Actions (login required)
View Item |