ANANDA MITA UFATUN NI’MAH, 17205163287 (2020) PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS PADA PESERTA DIDIK MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (301kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (114kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.Pdf Download (73kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Sikap Sosial melalui Pembelajaran Tematik Muatan IPS pada Peserta Didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Ananda Mita Ufatun Ni’mah, NIM 17205163287, dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci: Sikap Sosial dan Pembelajaran Tematik Muatan IPS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembelajaran tematik muatan IPS dapat menjadi jembatan guru untuk menanamkan sikap sosial. Dalam hal ini peneliti menghubungkan pembelajaran tematik muatan IPS dengan sikap sosial peserta didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penanaman sikap sosial tanggungjawab melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana penanaman sikap sosial peduli sosial melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? (3) Bagaimana penanaman sikap sosial santun melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penanaman sikap sosial tanggung jawab melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. (2) Untuk mendeskripsikan penanaman sikap sosial peduli sosial melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. (3) Untuk mendeskripsikan penanaman sikap sosial santun melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman sikap sosial tanggung jawab melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020 dengan cara memberikan tugas, memberikan nasihat, dan mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari atau secara kontekstual. Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan sikap sosial tanggung jawab adalah metode drill, metode penugasan, dan metode diskusi. Bentuk perubahan sikap sosial peduli sosial yang dimiliki oleh peserta didik yaitu mengerjakan tugas piket dan tugas madrasah dengan baik, berpartisipasi dalamkegiatan sosial di madrasah, dan melaksanakan tata tertib kelas maupun tata tertib madrasah. (2) Penanaman sikap sosial peduli sosial melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020 dengan cara pemberian nasihat. Selain itu, apabila dalam ranah proses pembelajaran, penanaman sikap peduli sosial dapat diselipkan disela sela pelajaran diberi penjelasan berulang seperti halnya teori conditioning. Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan sikap sosial peduli sosial adalah metode diskusi. Bentuk perubahan sikap sosial peduli sosial yang dimiliki oleh peserta didik yaitu membayar infak hari Jumat, meminjami alat tulis kepada teman yang tidak membawa atau tidak memiliki, dan tanpa diminta/ disuruh mereka sudah peka untuk menjenguk teman ataupun guru yang sedang sakit. (3) Penanaman sikap sosial santun melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020 dengan cara pemberian nasihat sekaligus menjadi teladan bagi peserta didik. Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan sikap sosial santun adalah metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Bentuk perubahan sikap sosial santun yang dimiliki oleh peserta didik yaitu menghormati guru atau orang yang lebih tua, santun dalam bertutur kata, berpakaian rapi, dan mengucap salam ketika bertemu dengan guru (bersalaman).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163287 ANANDA MITA UFATUN NI’MAH |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 07:02 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14710 |
Actions (login required)
View Item |