MATLAUL NGAINUL AZIZ, 1725143171 (2020) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (112kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (417kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (219kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (492kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Matlaul Ngainul Azis. NIM: 1725143171. Skripsi.Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Penerapan Metode Picture And Picture dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Peserta Didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Pembimbing: H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Metode picture and picture, meningkatkan motivasi belajar IPS Latar belakang masalah: dalam pembelajaran di kelas diperlukan varian metode pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh, dan yang lebih penting lagi agar mereka dapat menangkap materi ajar dengan baik. Permasalahan di lapangan, apabila peserta didik mengalami kejenuhan didalam kegiatan belajar mengajar maka diperlukan sesuatu yang “baru” yang bisa membangkitkan kembali semangat belajarnya. Terlebih untuk anak-anak yang masih berada di kelas bawah, antara kelas satu sampai dengan kelas tiga sekolah dasar, mereka memerlukan metode pembelajaran yang benar-benar mampu menggugah semangat dan atau motivasinya dalam belajar, karena motivasi belajar pada setiap peserta didik bersifat naik turun, artinya bahwa pada diri peserta didik suatu saat motivasi belajarnya bisa baik dan pada suatu saat yang lain motivasi belajarnya juga bisa mengaami penurunan. Fokus Penelitian: 1). Bagaimana langkah-langkah penerapan metode pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan motivasi belajar IPS peserta didik di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang?, 2). Bagaimana respon peserta didik dengan metode pembelajaran picture and picture mata pelajaran IPS di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang?, 3). Bagaimana perubahan motivasi belajar peserta didik dengan penerapan metode picture and picture pada mata pelajaran IPS di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang?. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui: 1). Langkah-langkah penerapan metode pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan motivasi belajar IPS peserta didik di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang. 2). Respon peserta didik dengan metode pembelajaran penerapan picture and picture mata pelajaran IPS di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang. 3). Perubahan motivasi belajar peserta didik dengan penerapan metode picture and picture pada mata pelajaran IPS di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang. Metode Penelitian: 1). Rancangan Penelitian: desain kualitatif. 2). Lokasi Penelitian: SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 3). Sumber Data: Sumber data utamanya adalah informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, dan pesrta didik. Sumber data sekundernya adalah dokumentasi. 4). Teknik Pengumpulan Data: a). Observasi, b). Wawancara, c). Dokumentasi. 5). Analisa Data: dengan analisa induktif dengan pendekatan kualitatif. 6). Pengecekan Keabsahan Temuan: a). Perpanjangan kehadiran, b). Triangulasi, c). Pemeriksaan sejawat. Kesimpulan: 1). Langkah-langkah penerapan metode pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan motivasi belajar IPS peserta didik didahului oleh persiapan dengan mempelajari karakter materi pelajaran, mengkaji kesesuaian dengan metode, mengkaji kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik. Setelah semua pertimbangan dianggap sesuai maka disusunlah Rencana ProgramPembelajaran dengan aplikasi pretest, persepsi appersepsi, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar (picture). untuk mengakhiri pembelajaran dilakukan post test dan pengambilan kesimpulan dan tugas. 2). Peserta didik dengan metode pembelajaran picture and picture mata pelajaran IPS merespon dengan serius, terhibur dalam pembelajaran, peserta didik smakin tertib dan aktif dalam memenuhi tugas pembelajaran di kelas. 3). Terdapat perubahan motivasi belajar peserta didik dengan penerapan metode picture and picture pada mata pelajaran IPS secara positif yang ditunjukkan melalui semangat belajar dan semangatnya untuk meningkatkan prestasi belajar mengajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143171 MATLAUL NGAINUL AZIZ |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 04:52 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14718 |
Actions (login required)
View Item |