ISNA NURIN NAHARIN, 17505164023 (2020) IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MEWUJUDKAN KEPRIBADIAN SISWA YANG HOLISTIK (Studi Multi Kasus di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar dan SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Multiple Intelligences dalam Pembelajaran untuk Mewujudkan Kepribadian Siswa yang Holistik (Studi Multi Kasus di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar dan SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung)” ini ditulis oleh Isna Nurin Naharin dengan dibimbing oleh Dr. Mohammad Jazeri, S.Ag, M.Pd.I. dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Multiple Intelligences, Pembelajaran, Kepribadian Holistik Setiap manusia lahir dengan lebih dari satu bakat, yaitu kemampuan yang menonjol dalam aspek kepribadian, yang diperoleh sebagai pembawaan. Oleh karena itu, setiap siswa tidak ada yang bodoh, yang ada anak yang cerdas dalam aspek yang berbeda-beda. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pelaksanaan Multiple Intelligences dalam pembelajaran untuk mewujudkan kepribadian siswa yang Holistik di MI Unggulan Darussalam dan SDI Qurrota A’yun?; (2) Bagaimana metode implementasi Multiple Intelligences dalam pembelajaran untuk mewujudkan kepribadian siswa yang Holistik di MI Unggulan Darussalam dan SDI Qurrota A’yun?; (3) Bagaimana hasil implementasi Multiple Intelligences dalam pembelajaran untuk mewujudkan kepribadian siswa yang Holistik di MI Unggulan Darussalam dan SDI Qurrota A’yun?. Metodologi penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan pendekatan penelitian kulitatif. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik konfirmasi dan diskusi dengan teman sejawat. Kemudian data dianalisis dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Dari analisis lintas kasus, dilanjutkan dengan penyusunan proposisi lintas kasus, kemudian direduksi, penyajian data selanjutnya diadakan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Proses implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran di MI Unggulan Darussalam dan SDI Qurrota Ayun adalah guru melakukan pembelajaran melalui tahapan apersepsi, kegiatan inti, dan evaluasi dengan memperhatikan kecerdasan siswa. Dalam setiap pembelajaran, guru menggunakan beberapa pendekatan kecerdasan berdasarkan keberagaman kecerdasan siswa; (2) Metode implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran di MI Unggulan Darussalam dan SDI Qurrota Ayun adalah Metode ceramah, Metode tanya jawab, metode kerja kelompok, metode karya wisata, metode talking stick, metode demonstrasi, Metode bermain peran, Metode diskusi, metode mengajar dengan lagu, Mengajar sesama murid (peer teaching). (3) Hasil implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran di MI Unggulan Darussalam dan SDI Qurrota Ayun adalah berdampak kepada semangat dan antusiasme para siswa dalam mengikuti pembelajaran. sehingga tujuan dalam pembelajaran tercapai dan siswa diharapkan menjadi pribadi yang holistik.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 17505164023 ISNA NURIN NAHARIN |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 07:45 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 07:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14729 |
Actions (login required)
View Item |