STRATEGI MARKETING MIX PADA BISNIS HIJAB DI KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR

EKA FEBRIANA SARI, 17402153549 (2020) STRATEGI MARKETING MIX PADA BISNIS HIJAB DI KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (679kB)
[img] Text
Abtrak.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Marketing Mix Pada Bisnis Hijab Di Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar” ditulis oleh Eka Febriana Sari, NIM 17402153549, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Sri Eka Astutiningsih, SE,. M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh bisnis fashion di Indonesia yang mengalami perkembangan pesat yaitu semakin banyaknya bisnis baru di bidang fashion baik dalam skala kecil maupun skala besar. Persaingan membuat setiap perusahaan berusaha untuk menyesuaikan diri melalui inovasi-inovasi untuk mengatasi persaingan dan meningkatkan volume penjualan perusahaan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi marketing mix pada bisnis hijab di Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar, (2) Bagaimana peran strategi marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan hijab, (3) Bagaimana penerapan analisis SWOT pada toko hijab di Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan objek melalui catatan data yang ada didalam objek penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis SWOT yang dapat menentukan alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan. Alat bantu dalam merumuskan strategi alternatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Toko Grosir Hijab menerapkan harga yang kompetitif dengan kisaran Rp 5000 – Rp 300.000. Promosi yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Tempat yang strategis yaitu berada ditempat keramaian dan dekat dengan jalan raya. Pengiriman produk kepada konsumen dilakukan ketika konsumen telah melakukan pemesanan dengan memanfaatkan jasa ekspedisi. Karyawan yang dimiliki terdiri dari 8-9 orang dengan pembagian tugas masing-masing bidang. Aset tetap yang dimiiki berupa gedung, pelayanan yang diberikan sangat memperhatikan kepuasan konsumen. Perbedaan strategi marketing mix kedua toko grosir hijab ini adalah terletak pada penerapan marketing mix yang memiliki inovasi dan ciri khas dari kedua toko grosir hijab. (2) strategi marketing mix meliputi strategi produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, lingkungan fisik, dan proses memberikan peran yang baik dalam meningkatkan volume penjualan pada bisnis hijab di Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. (3) Analisis SWOT strategi marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan memiliki peluang lingkungan dan kekuatan yang mendorong dimanfaatkannya peluang yang ada. Kata Kunci : Marketing Mix, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Peran Bank 17402153562 Nur Ilmi Laila Rahmatika
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:31
Last Modified: 31 Mar 2020 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14791

Actions (login required)

View Item View Item