Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan

Dian, Agustina (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER LENGKAP.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL DEPAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci : Creative Problem Solving (CPS), Hasil Belajar Pembelajaran yang konvensional yang sampai sekarang masih dominan dilaksanakan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Aktivitas pembelajaran lebih banyak didominasi guru dibandingkan dengan siswa, sebagian besar siswa terbiasa melakukan kegiatan belajar berupa mengahafal tanpa dibarengi dengan pengembangan kemampuan berfikir dan memecahkan masalah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Adakah pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Islam Durenan? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Islam Durenan. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan memberikan sumbangan pemikiran tentang model pembelajaran matematika yang lebih efektif, kreatif dan menyenangkan serta bekal di masa mendatang sebagai calon pendidik. Bagi SMP Islam Durenan sebagai masukan untuk menentukan kebijakan dalam membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Bagi guru sebagai inspirasi untuk mengembangkan berbagai inovasi model pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar. Bagi siswa dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi dan kreatifitas belajar. Bagi pembaca sebagai bahan referensi yang cukup berarti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan Quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Durenan yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 147 siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu VIII-A dan VIII-D. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-D sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Pada akhir pertemuan, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen sama yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode wawancara, metode observasi, dokumentasi dan tes. Metode analisis data berupa uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas, kemudian dilanjutkan dengan analisis data uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diketahui hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,2643 sedangkan nilai ttabel= 1,99495. Oleh karena thitung > ttabel sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Sesuai dengan perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Islam Durenan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 May 2015 07:14
Last Modified: 04 May 2015 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item View Item