MUHAMMAD FAJRUL FALAH, 17402153187 (2020) STRATEGI BAURAN PEMASARAN IKAN KONSUMSI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ISLAM (Pada PT. Fajar Samodra Abadi). [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (507kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (85kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Strategi Pemasaran Ikan Konsumsi Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di PT. Fajar Samodra Abadi Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh M. Fajrul Falah, NIM 1740215187, dengan dosen pembimbing Ahmad Budiman, M.S.I. Penelitaian ini dilatarbelakangi karena pasar merupakan hal yang vital bagi perekonomian masyarakat namun pasar juga merupakan tempat yang rentan akan penyimpangan-penyimpangan yang dapat merugikan dan menguntungkan hanya satu pihak. Islam menunjung tinggi sebuah keadilan dan menekankan adanya moralitas seperti persaingan yang sehat, kejujuran dan keterbukaan sehingga peneliti bertujuan untuk mengkaji starategi pemasaran ikan konsumsi yang terjadi di PT. Fajar Samodra Abadi ditinjau dengan etika bisnis islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) faktor-faktor apa saja yang mendasari persaingan bisnis ikan konsumsi, (2) bagaimana strategi pemasaran ikan menghadapi persaingan bisnis, (3) apakah strategi pemasaran ikan konsumsi sesuai dengan etika bisnis islam. Bertujuan agar mampu mengetahui faktor- faktor persaingan bisnis ikan konsumsi sehingga dapat mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan agar sesuai dengan etika bisnis islam. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan jenis penelitian Field research dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh bertujuan untuk memberikan informasi gambarkan tentang permasalahan yang di lapangan dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Melalui penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa strategi persaingan bisnis yang terjadi pada pelaku usaha ikan konsumsi meliputi: (1) faktor yang mendasari persaingan dipengaruhi oleh penurunan kualitas dan kuantitas ikan secara alami, keuangan dan pengembangan usaha, (2) strategi dalam menghadapi pesaing bisnis meliputi persaingan tempat, harga, produk dan pelayanan / promosi, (3) strategi pemasaran dalam persaingan bisnis yang terjadi pada para pelaku pengusaha ikan konsumsi telah sesuai dengan etika bisnis islam, terbukti dengan aktivitas-aktivitas usaha yang tidak menyimpang dari ajaran islam dan tidak ada pihak yang dirugikan. Kata kunci: strategi pemasaran, persaingan bisnis, etika bisnis islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muhammad 17402153187 Fajrul Falah |
Date Deposited: | 20 Mar 2020 08:22 |
Last Modified: | 26 Mar 2020 01:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14854 |
Actions (login required)
View Item |