Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Realistik Bersetting Kooperatif Kelas VII D SMPN 2 Rejotangan Tulungagung Tahun Pelajaran 2009/2010

Robitoh, Khoiriyah (2010) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Realistik Bersetting Kooperatif Kelas VII D SMPN 2 Rejotangan Tulungagung Tahun Pelajaran 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.rtf

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (839kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (36kB)
[img] Text
cover-abstrak.rtf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV cadangan.rtf

Download (3MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci:Peningkatan Belajar, Realistik berseting kooperatif Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari (mathematize of everyday experience) dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah pembelajaran Matematika Realistik (MR). Teori ini mengacu pada pendapat Freudenthal yang mengatakan bahwa matematika harus dikaitkan dengan realita dan matematika merupakan aktivitas manusia. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Realistik bersetting kooperatif pada materi Garis dan Sudut pada siswa kelas VII D SMPN 2 Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana hasil belajar matematika model pembelajaran Realistik bersetting kooperatif pada materi Garis dan Sudut pada siswa kelas VII D SMPN 2 Rejotangan? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Realistik bersetting kooperatif pada materi Garis dan Sudut pada siswa kelas VII D SMPN 2 Rejotangan. 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Realistik bersetting kooperatif pada materi Garis dan Sudut pada siswa kelas VII D SMPN 2 Rejotangan Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalamn serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi SMPN 2 Rejotangan Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan reflkesi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus PTK. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus belajar. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 2 Rejotangan Tulungagung pada semester genap tahun ajaran 2009-2010. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi tes untuk hasil belajar. Selanjutnya data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika Realistik Berseting Kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 69,58 (sebelum diberi tindakan) menjadi 71.25 (siklus I), dan 81,25 (siklus II), Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika Realistik Berseting Kooperatif bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Rejotangan Tulungagung pada semester genap tahun ajaran 2009-2010.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 May 2015 08:38
Last Modified: 04 May 2015 08:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item