Nailia Izza Choirina, Nailia (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V-A DI MI AL-WATHONIYAH TEGALREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
BAB I ok.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ok.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ok.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V ok.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nailia, Izza Choirina, 3217113074, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V-A di MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung Tahun 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pembimbing : Dr. Eny setyowati, M. M. Kata kunci : model pembelajaran, sains teknologi masyarakat, hasil belajar siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa aktivitas dan kreativitas belajar siswa sangat dipengaruhi oleh metode dan model pembelajaran yang dipakai guru. Karena aktivitas dan kreativitas siswa berpengaruh terhadap hasil belajar dan tingkat pemahaman siswa. Dalam hal ini mata pelajaran yang digunakan peneliti adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). IPA merupakan salah satu ilmu yang merupakan hasil dari kegiatan manusia yang berupa pengetahuan tentang alam sekitar yang dalam pembelajarannya membutuhkan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Guna mengunakan model pembelajaran yang tepat adalah agar kreativitas dan aktivitas belajar siswa meningkat, sehingga dalam pembelajaran siswa tidak bersifat pasif dan tidak bersemangat. Karena hal ini akan berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Dari permasalahan ini peneliti menerapkan model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Tujuan model pembelajaran ini ialah untuk membentuk individu yang memiliki literasi sains dan teknologi serta memiliki kepedulian terhadap masalah masyarakat dan lingkungannya. Model pembelajaran ini secara tidak langsung mendidik siswa untuk menjadi warga masyarakat yang sadar akan sains dan teknologi, peduli terhadap lingkungan sekitar, peduli terhadap isu-isu yang berkembang dan mampu menyelesaikan masalah dengan menerapkan nilai sains dan teknologi. Dari uraian diatas maka peneliti mengemukakan rumusan masalah dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada mata pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V-A MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung ? (2)Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi Pesawat Sederhana dengan diterapkannya Model Pembelajaran Sains, Teknologi, Masyarakat Siswa Kelas V-A MI Al Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPA dengan model pembelajaran STM dan mengetahui apakah pembelajaran IPA dengan model tersebut dapat menigkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-A di MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V-A MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung yang berjumlah 18 siswa. Titik tekan utama pada penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPA dengan model sains teknologi masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dengan indicator keberhasilan adalah tercapainya standar minimum KKM ≥ 65 dengan presentase rata-rata 65 % dari siswa yang hadir. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) menurut langkah-langkah yang telah ditetapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA yaitu sebesar 57,5% pada siklus I, sedangkan pada siklus II 89, 105%. Hasil belajar siswa rata-rata yang diperoleh mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata sebesar 67, 78 dengan ketuntasan belajar 61,11% pada siklus I dari siswa yang hadir. Untuk siklus terakhir yaitu siklus II rata-rata belajar siswa 87,18 dengan ketuntasan belajar sebesar 93, 75 %.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | NAILIA IZZA CHOIRINA |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 04:00 |
Last Modified: | 03 Aug 2015 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1531 |
Actions (login required)
View Item |