ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PHYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII MTsN 4 TULUNGAGUNG

PUTRI AYU LIA SHOFIANA, 17204163220 (2020) ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PHYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Teorema Phythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika Kelas VIII MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Putri Ayu Lia Shofiana, NIM. 17204163220, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agmaa Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Menyelesaikan Soal, Teorema Phythagoras, Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar matematika di kelas VIII MTsN 4 Tulungagung menekankan pada pemahaman konsep. Padahal kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam dalam menghadapi persaingan di era sekarang ini. Selain itu, pembelajaran matematika bukan hanya berpusat pada hasil akhir saja tetapi bagaimana proses penyelesaian sebelum mencapai hasil akhir yang akan diperoleh. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal Teorema Phythagoras kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pemelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan teknik triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi sangat kreatif dalam menyelesaikan soal Teorema Phythagoras dengan menemukan ide-ide penyelesaian soal dari informasi yang didapat dari buku matematika dan berbagai sumber lain serta rumus-rumus yang sudah dihafal. Siswa sangat kreatif mampu memenuhi komponen kreativitas yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Siswa dengan kemampuan sedang kreatif dalam menyelesaikan soal Teorema Phythagoras dengan ide-ide penyelesaian sesuai informasi yang diberikan dan rumus-rumus yang telah dijelaskan oleh pengajar. Siswa kreatif mampu memenuhi komponen kreativitas yaitu kefasihan, dan fleksibilitas. Sedangkaan siswa dengan kemampuan matematika rendah kurang kreatif dalam penyelesaian soal Teorema Phythagoras dengan ide-ide penyelesaian soal dari mencontek temannya atau dari pemikirannya sendiri dan siswa yang tergolong kurang kreatif hanya mampu memenuhi satu komponen kreativitas yaitu kefasihan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: PUTRI AYU LIA SHOFIANA 17204163220
Date Deposited: 26 Jun 2020 03:42
Last Modified: 31 May 2021 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15533

Actions (login required)

View Item View Item