PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS VII SMP ISLAM DURENAN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MUHAMMAD HUZA IMAM MAHNUR, 2814133125 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS VII SMP ISLAM DURENAN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Persegi Dan Persegi Panjang Siswa Kelas VII SMP Islam Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Muhammad Huza Imam Mahnur, NIM.2814133125, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuri, Hasil Belajar Matematika. Fenomena pembelajaran pada saat ini, siswa terkesan tidak aktif dalam belajar dan konsentrasi siswa belum sepenuhnya tertuju kepada penjelasan materi. Pemilihan metode pembelajaran yang kurang menarik yang membuat siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dan siswa merasa bosan karena hanya menerima penjelasan materi dari guru. Permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar matematika kurang memuaskan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran inkuri yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuri terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar persegi dan persegi panjang siswa kelas VII SMP Islam Durenan, dan (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran inkuri terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar persegi dan persegi panjang siswa kelas VII SMP Islam Durenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Durenan 152 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Sedangkan metode dokumentasi untuk mengambil gambar pelaksanaan pembelajaran. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran inkuri terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar persegi dan persegi panjang siswa kelas VII SMP Islam Durenan. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai tℎ

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: MUHAMMAD HUZA IMAM MAHNUR 2814133125
Date Deposited: 26 Jun 2020 03:24
Last Modified: 05 May 2021 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item View Item