Efektifitas Penerapan Asesmen Berbasis Portofolio TerhadapPeningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Dimensi Tiga Peserta Didik Kelas X Semester II Ma Darussalam Ngentrong Campurdarat Tahun Pelajaran 2011/2012

Erna, Masrurinnurussa’adah (2012) Efektifitas Penerapan Asesmen Berbasis Portofolio TerhadapPeningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Ruang Dimensi Tiga Peserta Didik Kelas X Semester II Ma Darussalam Ngentrong Campurdarat Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
6 ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (166kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (105kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)
[img] Text
9 DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (30kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Asesmen Berbasis Portofolio, Hasil Belajar Peserta Didik Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memberikan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya masih banyak anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang cukup sulit dan tidak menarik bagi peserta didik. hal ini akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar mereka. Fakta seperti inilah yang ada di kelas X-AMA Darussalam Ngentrong. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimanakah efektifitas penggunaan asesmen berbasis portofolio terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan ruang dimensi pada peserta didik kelas X semester II MA Darussalam? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui secara jelasefektifitas penggunaan asesmen berbasis portofolio terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun ruang dimensi tiga tersebut. Manfaat yang diperoleh peneliti yaitu mendapatkan pengalaman langsung dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan asesmen berbasis portofolio khususnya pada hasil belajar peserta didik pokok bahasan ruang dimensi tiga. Sedangkan bagi MA Darussalam, dengan menerapkan berbagai model asesmen sesuai karakteristik materi pembelajaran, manajemen pembelajaran melalui pimpinan sekolah akan menghasilkan guru-guru professional dalam bidangnya.bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah [endekatan kualitataif dengan rancangan penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Siklus I berlangsung selama 3 kali pertemuan, dan siklus II juga berlangsung selama 3 kali pertemuan, yang meliputi tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan oleh peneliti yaitu menggunakan Tes, observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Prosentase ketuntasan belajar (ketuntasan klasikal) pada pre test adalah 25%, setelah dilakukan tindakan siklus I pada post test I prosentasenya meningkat menjadi 75%, dan meningkat kembali menjadi 90% setelah dilakukan tindakan siklus II pada post test II. Pada hasil Observasi siklus I menunjukan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik meningkat sehingga diperoleh kriteria tingkat keberhasilan baik sedangkan pada siklus II aktivitasnya kembali meningkat sehingga dperoleh criteria keberhasilan sangat baik. Sedangkan hasil catatan lapangan dan wawancara menunjukan respon yang positif dari peserta didik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan asesmen berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-A Madrasah Aliyah Darussalam Ngentrong.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 20 May 2015 02:54
Last Modified: 20 May 2015 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item View Item