Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Motivasi dan Prestasi pokok bahasan kubus dan balok Siswa kelas VIII SMPI Tarbiyatus Sholihin Munjungan Trenggalek Jurusan Tarbiyah

Rini Puspita, Sari (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Motivasi dan Prestasi pokok bahasan kubus dan balok Siswa kelas VIII SMPI Tarbiyatus Sholihin Munjungan Trenggalek Jurusan Tarbiyah. [ Skripsi ]

[img] Text
abstract.docx

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (135kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (40kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Model pembelajaran TGT Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah membuat tingkat ketuntasan belajar siswa masih rendah. Itu disebabkan, metode pembelajaran dan modul pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga pembelajarannya kurang menarik, akhirnya siswa merasa bosan. Salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah menerapkan model tgt sebagai motivasi dalam pembelajaran matematika dengan permainan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Islam Munjungan, Trenggalek. Permasalahan (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar pokok bahasan kubus dan balok dikelas VIII SMP Islam Tarbiyatus Sholihin Munjungan Trenggalek? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar pokok bahasan kubus dan balok dikelas VIII SMP Islam Tarbiyatus Sholihin Munjungan Trenggalek? Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Sumber data dalam Penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Munjungan. Metode pengumpulan data (1) Tes, (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Angket dan (5) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik atau metode statistik, yaitu Paired Sample t-test (Uji t untuk sampel yang berpasangan) dengn SPSS 16. Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPI Munjungan Trenggalek, (2) Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPI Munjungan Trenggalek Hasil Penelitian Penerapan model kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII di SMP Islam Munjungan sangat membantu peserta didik dalam pembelajaran matematika. Karena dengan adanya penerapan model kooperatif tipe tgt ini, siswa dapat lebih mudah memahami konsep yang abstrak dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika yaitu media-media sekitar yang ada seperti kardus, papan tulis dan lain-lain, dengan model kooperatif tipe TGT , dengan gambar, yang dibuat secara khusus untuk membantu proses pembelajaran matematika, sehingga mampu membuat mata pelajaran matematika yang dianggap sulit dan menakutkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta mampu dengan mudah diterima siswa. Sehingga Ada pengaruh dari penerapan model kooperatif tipe ¬TGT dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Islam Munjungan, yaitu berdasarkan hasil analisa data terdapat perbedaan nilai rata-rata antara tes awal (sebelum diberikan treatment) dan tes akhir (sesudah diberikan treatment). Nilai rata-rata prestasi belajar metematika sebelum treatment (pretest) siswa sebesar, 66.94 dan sesudah treatment (posttest) sebesar 81.26. Disamping itu, sesuai dengan perhitungan program SPSS 16.0 yang menggunakan analisis Uji t untuk sampel yang berpasangan. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai Sig = 0,000 < 0,025 atau t table = 2.024 < t hitung = 8.856, Ini berarti nilai t empirik/t hitung lebih besar dari nilai t teorik/t table baik pada taraf 5% Maka, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 20 May 2015 03:12
Last Modified: 20 May 2015 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item