HESPY ANGGA PUSPITA, 17204163146 (2020) KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KELAS X-MIA 1 DI SMA NEGERI 1 PAPAR KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (68kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kecerdasan Logis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) ditinjau dari Gaya Belajar Kelas X-MIA 1 di SMA Negeri 1 Papar Kediri” ini ditulis oleh Hespy Angga Puspita, NIM. 17204163146, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Menyelesaikan Masalah, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, Gaya Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam berhitung dan logikanya masih kurang baik serta pemahaman matematis siswa yang masih cukup rendah, sehingga mengalami berbagai kesulitan dalam menyelesaikan masalah pada materi SPLTV. Para siswa mencoba mengatasi kesulitan yang dialami dengan bertanya kepada teman sebayanya yang dianggap lebih faham. Selain itu, terdapat siswa yang membaca kembali materi yang telah diajarkan dan adapula yang meminta guru untuk memberikan soal dengan cara penyelesaiannya. Dari perbedaan cara mengatasi kesulitan belajarnya menandakan bahwa siswa siswa tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Cara yang siswa gunakan untuk mengatasi kesulitan tersebut menunjukkan gaya belajar yang digunakan masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa dengan gaya belajar visual, audio, dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah materi SPLTV. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kecerdasan logis matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah SPLTV dalam aspek kemampuan abstraksinya sangat baik. Dalam aspek kemampuan bernalar dan berpikir logis sudah cukup baik. Kemudian dalam aspek memecahkan masalah yang rumit juga sangat baik dan sudah memenuhi tahap tahap pada aspek memecahkan masalah. (2) Kecerdasan logis matematis siswa dengan gaya belajar audio dalam menyelesaikan masalah SPLTV dalam aspek kemampuan abstraksinya cukup baik. Dalam aspek kemampuan bernalar dan berpikir logis sudah cukup baik. Kemudian dalam aspek memecahkan masalah yang rumit belum memenuhi tahap memeriksa kembali pada aspek memecahkan masalah. (3) Kecerdasan logis matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah SPLTV dalam aspek kemampuan abstraksinya cukup baik. Dalam aspek kemampuan bernalar dan berpikir logis sudah cukup baik. Kemudian dalam aspek memecahkan masalah yang rumit belum memenuhi tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan tahap memeriksa kembali. Sehingga siswa dengan gaya belajar kinestetik ini belum dapat dikatakan sepenuhnya memenuhi aspek memecahkan masalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | HESPY ANGGA PUSPITA 17204163146 |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 01:09 |
Last Modified: | 31 May 2021 04:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15762 |
Actions (login required)
View Item |