PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DIMENSI PEMAHAMAN SOSIAL DAN KOMUNIKASI SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI`IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

VIRA YUNISA TARI, 17201163020 (2020) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DIMENSI PEMAHAMAN SOSIAL DAN KOMUNIKASI SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI`IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (502kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dimensi Pemahaman Sosial dan Komunikasi Sosial terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik di MTs Assyafi`iyah Gondang Tulungagung” ditulis oleh Vira Yunisa Tari, NIM. 17201163020. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I., NIP. 19860528 201403 2 002. Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Kepercayaan Diri Penelitian ini dilatar belakangi adanya teori yang dikemukakan oleh Anderson terkait dengan pentingnya kecerdasan interpersonal yang memiliki tiga dimensi utama, di antarannya pemahaman sosial, sensitivitas sosial dan komunikasi sosial. Namun paradigma mayoritas orang-orang dalam dunia pendidikan, lebih mengedepankan kecerdasan intelektual (kognitif). Dalam kehidupan sehari-hari peserta didik juga memerlukan kecerdasan interpersonal untuk mencapai kesuksesan, di mana mereka dituntut untuk melakukan hubungan dengan pihak lain. Dalam hal ini mereka belum sepenuhnya mampu menggunakan beragam cara saat berinteraksi, sehingga mengalami kesulitan untuk bekerja sama dengan orang lain, sebagian lagi belum bisa menyesuaikan diri di manapun mereka berada. Tingkat kemampuan interpersonal yang masih kurang maka mereka cenderung tidak peka, tidak peduli, egois dan suka menyinggung perasaan orang lain atau temannya di sekolah. Dalam hal ini perlunya pengembangan kecerdasan interpersonal untuk mendukung meningkatkan kepercayaan diri yang ada pada peserta didik. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin menguji teori tersebut untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial dan komunikasi sosial terhadap kepercayaan diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial terhadap kepercayaan diri peserta didik di MTs Assyafi`iyah Gondang Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dimensi komunikasi sosial terhadap kepercayaan diri peserta didik di MTs Assyafi`iyah Gondang Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial dan komunikasi sosial secara bersama-sama terhadap kepercayaan diri peserta didik di MTs Assyafi`iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal dan variabel terikat (Y) adalah kepercayaan diri. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 175 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah secara proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel 114 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dalam analisis penelitian menggunakan bantuan SPSS 23.0 dengan uji t dan uji f.Berdasarkan hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial terhadap kepercayaan diri peserta didik di MTs Assyafi`iyah Gondang Tulungagung. Dari hasil perhitungan data dengan cara membandingkan thitung dan ttabel menunjukkan bahwa thitung> ttabel (5,943> 1,981) dan nilai probabilitas 0,05 (0,000< 0,05). Menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dimensi komunikasi sosial terhadap kepercayaan diri peserta didik di MTs Assyafi`iyah Gondang Tulungagung, yang ditunjukkan dengan perhitungan data dengan cara membandingkan thitung dan ttabel menunjukkan bahwa thitung> ttabel (6,012> 1,981) dan nilai probabilitas 0,05 (0,000< 0,05). Menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial dan komunikasi sosial terhadap kepercayaan diri peserta didik di MTs Assyafi`iyah Gondang Tulungagung, yang ditunjukkan dari nilai Fhitung (26,724)> Ftabel (3,079), tingkat signifikansi 0,000< 0,05. Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang signifikan dan simultan antara kecerdasan interpersonal dimensi pemahaman sosial dan komunikasi sosial terhadap kepercayaan diri peserta didik di MTs Assyafi`iyah Gondang Tulungagung. Pembelajaran yang secara khusus mengembangkan kemampuan afektif harus mendapat perhatian utama pendidik, karena hal tersebut dapat berpengaruh pada kesuksesan sesorang baik secara langsung maupun di masa yang akan datang. Kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri terbentuk dan tumbuh semakin kuat dari pembiasaan yang dilakukan dalam pembelajaran. Aspek afektif yang perlu diperhatikan untuk menunjang keberhasilan peserta didik adalah kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri. Kecerdasan ini merupakan kemampuan memahami diri sendiri dan orang lain, sedangkan kepercayaan diri merupakan kemampuan untuk bertanggung jawab pada kehidupannya sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: VIRA YUNISA TARI 17201163020
Date Deposited: 03 Aug 2020 04:07
Last Modified: 06 May 2021 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15794

Actions (login required)

View Item View Item