PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

YULI ASTUTIK, 17205163042 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (683kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (170kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mi Podorejo Sumbergempol Tulungagung” skripsi ini ditulis oleh Yuli Astutik, NIM. 17205163042, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh bapak Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci : Model Student Facilitator and Explaining, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pemahaman tentang materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sulit dipahami oleh siswa. Siswa kurang mandiri dan kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran karena hanya bergantung pada apa yang disampaikan oleh guru atau kurangnya variasi model pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar. Masalah tersebut dapat mempengaruhi pada motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Mi Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Mi Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Mi Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Sumber data diperoleh dari hasil nilai angket dan tes soal pretest dan posttest pada kelas V MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar peserta didik kelas V di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Student Facilitator And Explaining dengan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini terlihat pada perhitungan uji t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Student Facilitator And Explaining dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini terlihat pada nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Student Facilitator And Explaining dengan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan pada perhitungan uji manova diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: YULI ASTUTIK 17205163042
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:55
Last Modified: 06 May 2021 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15879

Actions (login required)

View Item View Item